90 Ikan Paus Ditemukan Mati di Pantai Australia

    Willy Haryono - 22 September 2020 10:55 WIB
    90 Ikan Paus Ditemukan Mati di Pantai Australia
    Ratusan ikan paus terdampar di Macquarie Harbour, Tasmania, Australia, 21 September 2020. (AFP)
    Tasmania: Sekitar 90 ikan paus ditemukan mati di sebuah pantai terpencil di Australia selatan. Terdapat juga sekitar 180 paus lainnya di pantai yang sama, dan otoritas Australia memulai operasi penyelamatan pada hari ini, Selasa 22 September 2020.

    Otoritas Tasmania melaporkan, ratusan paus pilot (pilot whale) ditemukan terjebak pasir di Maquarie Harbour. Rangkaian foto di media sosial memperlihatkan deretan ikan paus yang terdampar di wilayah pesisir.

    Pakar biologi pemerintah Australia, Kris Carlyon, mengatakan "sekitar sepertiga" dari total paus di Macquarie Harbour ditemukan dalam kondisi mati pada Senin malam. Ia menilai upaya menyelamatkan 180 paus tersisa akan menjadi suatu tantangan besar.

    Meski terdamparnya paus secara massal sering terjadi di Tasmania, jumlahnya kali ini jauh lebih besar dari beberapa peristiwa terdahulu. Lokasi terdamparnya paus hanya bisa diakses melalui kapal, sehingga belum semua petugas gabungan dapat mencapai mereka.

    Sekitar 60 orang -- termasuk relawan dan pekerja sektor perikanan lokal -- terlibat dalam upaya penyelamatan di Macquarie Harbour. Petugas menangani dinginnya cuaca serta ombak pantai yang cukup intens.

    "Dalam hal paus terdampar di Tasmania, (penyelamatan) ini merupakan salah satu yang tersulit," kata Carlyon kepada awak media di kota Strahan, dilansir dari TRT World.

    "Kami akan terus memastikan tubuh mereka basah dan tetap dingin," sambungnya.

    Carlyon mengatakan penyelamatan paus ini harus menggunakan skala prioritas, yakni memprioritaskan yang masih sehat dan lokasinya mudah dicapai.

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id