Kapal Induk Tiongkok Berlatih di Laut China Selatan

    Willy Haryono - 02 Mei 2021 18:03 WIB
    Kapal Induk Tiongkok Berlatih di Laut China Selatan
    Kapal induk Liaoning mengikuti parade angkatan laut pada 23 April 2019. (Mark Schiefelbein / POOL / AFP)



    Beijing: Grup kapal induk Shandong milik Tiongkok telah melakukan latihan rutin tahunan di Laut China Selatan, menurut keterangan Pasukan Pembebasan Rakyat (PLA) pada Minggu, 2 Mei 2021. Latihan digelar usai Tiongkok mengkritik Amerika Serikat atas pengiriman kapal Angkatan Laut AS ke perairan sengketa tersebut.

    Pekan kemarin, Kementerian Pertahanan Tiongkok mendesak AS tidak mengirim pasukan garis depan ke zona udara dan laut dekat Tiongkok.






    Sejak Joe Biden menjadi presiden AS, lanjut Kemenhan Tiongkok, pesawat pengintai dan kapal perang Washington terlihat lebih aktif di perairan dekat wilayah Negeri Tirai Bambu.

    Laut China Selatan adalah perairan sengketa yang hampir semua wilayahnya diklaim sepihak oleh Tiongkok. Padahal, sejumlah negara lain juga mengklaim sebagian perairan tersebut.

    Tiongkok telah membangun beberapa pulau buatan di Laut China Selatan, yang disebut AS sebagai langkah untuk memiliterisasi kawasan sengketa.

    Dilansir dari laman Arab News, juru bicara Angkatan Laut Tiongkok Gao Xiucheng menegaskan bahwa latihan militer di Laut China Selatan bersifat sah dan merupakan bagian dari melindungi kedaulatan nasional.

    Tidak hanya itu, Gao juga menekankan bahwa latihan militer ini berkontribusi terhadap perdamaian dan stabilitas kawasan.

    "Kami berharap dunia luar dapat memandang (latihan militer) ini secara lebih objektif dan rasional. Di masa mendatang, Angkatan Laut Tiongkok akan terus menggelar latihan serupa sesuai jadwal," tutur Gao.

    Shandong adalah kapal induk kedua Tiongkok setelah Liaoning. Tiongkok awalnya membeli sebuah badan kapal dari Ukraina, dan kemudian diubah sepenuhnya menjadi sebuah kapal induk bernama Liaoning.

    Baca:  Militer Filipina Dokumentasikan Struktur Buatan Ilegal di Laut China Selatan

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id