Taiwan Minta Dilibatkan dalam Penanganan Global Covid-19

    Willy Haryono - 27 Oktober 2020 15:08 WIB
    Taiwan Minta Dilibatkan dalam Penanganan Global Covid-19
    Menteri Kesehatan Taiwan Chen Shih-chung. (TETO)
    Taipei: Taiwan menegaskan bahwa pandemi virus korona (covid-19) tidak mengenal batas negara, dan menjadi ancaman bagi semua orang di berbagai penjuru dunia. Oleh karenanya, Taiwan merasa perlu berkontribusi terhadap perang melawan covid-19 di kancah global.

    Namun hingga saat ini, Taiwan kesulitan melakukan hal tersebut karena tidak termasuk dalam jaringan kesehatan global, dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebagai organisasi terdepannya.

    "WHO tidak dapat mengecualikan Taiwan," ucap Menteri Kesehatan Taiwan Chen Shih-chung dalam keterangan tertulis TETO yang diterima Medcom.id pada Selasa, 27 Oktober 2020.

    "Kami menyerukan kepada WHO dan pihak-pihak terkait untuk memperhatikan kontribusi jangka panjang Taiwan terhadap kesehatan global dan pencegahan pandemi serta hak asasi kesehatan," sambungnya.

    Ia mendorong WHO untuk mengizinkan Taiwan masuk sebagai anggota baru, dalam upaya berpartisipasi dan juga berkontribusi terhadap pengendalian covid-19. Chen menyebut seharusnya WHO tidak mengesampingkan Taiwan karena tidak sesuai dengan prinsip-prinsip dasar pembentukan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

    WHO, salah satu agensi PBB, disebut Chen ikut terikat pada prinsip-prinsip dasar PBB.

    "Kesehatan adalah hak asasi manusia, dan tujuan pembangunan jangka panjang PBB adalah, 'jangan meninggalkan siapapun,'" ungkapnya.

    Sejak pandemi covid-19 muncul, Taiwan mengaku telah melakukan berbagai tindakan pencegahan, seperti melalui "COVID-19 Professional Forum", "Global Cooperation and Training Framework (GCTF)", "APEC Health and Economic High-level Conference" dan konferensi daring lainnya.

    Taiwan juga telah menyediakan peralatan medis ke negara-negara lain yang sangat membutuhkan.

    Hingga Juni lalu, Taiwan telah menyumbangkan 51 juta masker bedah, 1,16 juta masker N95, 600.000 baju isolasi, 35.000 thermogun, dan peralatan medis lainnya ke lebih dari 80 negara.

    Baca:  Taiwan Nol Kasus Covid-19 Selama 12 Hari Berturut-turut


    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id