PM Pakistan Khawatirkan Gelombang Kedua Covid-19

    Willy Haryono - 20 Oktober 2020 17:03 WIB
    PM Pakistan Khawatirkan Gelombang Kedua Covid-19
    PM Pakistan Imran Khan. (Foto: AFP)
    Islamabad: Perdana Menteri Pakistan Imran Khan mengaku khawatir atas kemungkinan terjadinya gelombang kedua virus korona (covid-19) di negaranya dalam beberapa bulan ke depan. Kekhawatiran didasarkan pada terjadinya lonjakan kasus covid-19 di beberapa wilayah Pakistan.

    "Saya takut akan ada lonjakan baru covid-19 di beberapa kota yang tingkat polusinya meningkat pada Oktober dan November," kata PM Khan, dikutip dari laman Gulf Today pada Selasa, 20 Oktober 2020.

    Kekhawatiran gelombang kedua diungkapkan PM Khan usai otoritas kesehatan mengingatkan lonjakan infeksi covid-19 di provinsi Punjab, terutama Lahore. Di Karachi, angka rata-rata positif covid-19 juga meningkat.

    Meski berbagai langkah yang dilakukan Pemerintah Pakistan dalam menangani covid-19 telah mendapat pengakuan internasional, PM Khan menekankan pentingnya menjaga kewaspadaan.

    "Khusus untuk dua bulan ini, Oktober dan November, kota-kota seperti Faisalabad, Lahore, Karachi, Peshawar, dan Gujranwala yang tingkat polusinya tinggi, dikhawatirkan mengalami lonjakan kasus korona," ucap PM Khan.

    "Kasus-kasus ini meningkat secara bertahap, dan kami bertindak tidak melonjak dengan cepat," sambungnya. Ia khawatir tingkat polusi udara yang tinggi dapat membuat warga Pakistan lebih rentan terhadap covid-19.

    Pernyataan PM Khan disampaikan setelah Menteri Perencanaan Pembangunan Asad Umar mengumumkan bahwa rata-rata positif di Pakistan adalah 2,37 persen -- tertinggi dalam 50 hari terakhir.

    Menurut Umar, angka rata-rata ini bahkan menyentuh level "sangat tinggi" di Muzaffarabad. Untuk Karachi, levelnya masuk kategori "tetap tinggi," sementara untuk Lahore serta Islamabad "meningkat."

    Baca:  Pakistan Catat Infeksi Harian Terendah Covid-19

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id