Tiongkok Uji Kemanjuran Vaksin Covid-19 Tahap Akhir

    Fajar Nugraha - 16 Juli 2020 17:00 WIB
    Tiongkok Uji Kemanjuran Vaksin Covid-19 Tahap Akhir
    Ilustrasi oleh Medcom.id.
    Dubai: Perusahaan farmasi milik pemerintah Tiongkok, Sinopharm telah memulai uji klinis fase tiga dari vaksin covid-19. Uji klinis berlangsung di Abu Dhabi dan diikuti sekitar 15.000 relawan.

    Uji coba dengan melibatkan manusia yang berlangsung di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, adalah kemitraan antara Grup China National Biotec, Sinopharm, kemudian perusahaan kecerdasan buatan dan perusahaan komputasi, Group 42 yang berpusat di Abu Dhabi. Departemen Kesehatan Abu Dhabi juga turut serta dalam pengembangan vaksin ini.

    “Uji klinis yang dijadwalkan memakan waktu tiga hingga enam bulan, dimulai pada Rabu. Uji klinis akan menggunakan sukarelawan berusia 18 hingga 60 tahun yang tinggal di kota Abu Dhabi dan Al Ain di emirat,” kata Pemerintah Abu Dhabi, seperti dikutip Channel News Asia, Kamis 16 Juli 2020.

    Hingga saat ini belum ada vaksin covid-19 yang disetujui untuk penggunaan komersial.

    Baca: Uji Coba Vaksin Covid-19 Moderna Manjur Hasilkan Antibodi.

    Menurut ringkasan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengenai pengembangan vaksin untuk covid-19, ada 23 vaksin yang potensial dalam uji coba pada manusia. Tiga diantaranya dalam atau memulai uji coba tahap akhir skala besar atau Tahap III untuk menguji kemanjuran vaksin.

    Sinopharm, yang mendapat persetujuan untuk uji coba pada akhir Juni, menggunakan vaksin tidak aktif. Ini adalah sebuah teknologi yang sudah dikenal dan telah digunakan untuk membuat vaksin terhadap penyakit seperti influenza dan campak.

    Tiongkok terpaksa ke luar negeri untuk menguji coba vaksin potensial karena kurangnya pasien baru di wilayah mereka. Selain Sinopharm, Sinovac Biotech China juga sedang melakukan uji coba vaksin fase tiga di Brasil.

    “Vaksin eksperimental melewati uji klinis fase satu dan dua dengan 100 persen sukarelawan menghasilkan antibodi setelah dua dosis dalam 28 hari,” ucap pernyataan pemerintah Abu Dhabi.

    UEA mengatakan telah melakukan lebih dari 4 juta tes infeksi virus korona pada populasi mereka yang mencapai sekitar 9,6 juta. Mereka telah mencatat hampir 56.000 kasus infeksi dan 335 kematian.

    Sebelumnya, perusahaan biofarma Amerika Serikat, Moderna mengumumkan uji klinis vaksin covid-19 fase kesatu mereka berhasil membentuk antibodi kepada 45 relawan. 27 Juli mendatang Moderna akan melakukan uji fase ketiga.


    Informasi lengkap tentang perkembangan penanganan pandemi covid-19 bisa langsung diakses di sini (https://www.medcom.id/corona).



    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id