Tiongkok Kerahkan Jet Tempur saat Menkes AS Kunjungi Taiwan

    Willy Haryono - 10 Agustus 2020 16:02 WIB
    Tiongkok Kerahkan Jet Tempur saat Menkes AS Kunjungi Taiwan
    Pesawat jet tempur J-10 milik Tiongkok. (Foto: AFP)
    Taipei: Pesawat jet tempur Tiongkok melintasi garis Selat Taiwan secara singkat pada Senin 10 Agustus 2020. Manuver tersebut terdeteksi oleh sistem pertahanan udara Taiwan.

    Pengerahan jet tempur Tiongkok terjadi di hari yang sama dengan pertemuan antara Menteri Kesehatan Amerika Serikat Alex Azar dan Presiden Taiwan Tsai Ing-wen pada Senin 10 Agustus 2020. Kunjungan pejabat AS tersebut dikecam keras Pemerintah Tiongkok.

    Sebelumnya, Tiongkok telah mengancam akan melakukan semacam aksi balasan atas kunjungan Menkes AS ke Taiwan.

    "Tiongkok mengerahkan pesawat jet tempur J-11 dan J-10, yang secara singkat sempat memasuki sisi Taiwan sekitar pukul 09.00 waktu setempat," ujar keterangan Angkatan Udara Taiwan, dikutip dari laman The Straits Times.

    Dua jet tempur Tiongkok terdeteksi sistem misil anti-pesawat milik Taiwan. Kedua pesawat itu juga menjauh usai "diusir" sebuah pesawat patroli Taiwan. Inkursi jet Tiongkok ke Taiwan tersebut merupakan kali ketiga sejak 2016.

    Di tengah memburuknya hubungan antara AS dan Tiongkok, pemerintahan Presiden Donald Trump menjadikan penguatan dukungan terhadap Taiwan sebagai salah satu prioritas.

    "Merupakan kehormatan bagi saya untuk menyampaikan dukungan kuat dari Presiden Trump kepada Taiwan," ujar Azar kepada Tsai di kantor kepresidenan Taiwan.

    Azar berkunjung ke Taiwan untuk memperkuat kerja sama ekonomi dan kesehatan. Ia juga datang untuk menunjukkan dukungan AS terhadap Taiwan dalam memerangi pandemi virus korona (covid-19).
     
    "Respons Taiwan terhadap covid-19 merupakan salah satu yang paling berhasil di dunia. Hal itu dapat terwujud berkat nilai-nilai demokrasi Taiwan yang juga menjunjung tinggi keterbukaan dan transparasi," ujar Azar.


    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id