Tiongkok Catat 39 Kasus 'Impor' Covid-19, Nol Infeksi Domestik

    Willy Haryono - 23 Maret 2020 09:49 WIB
    Tiongkok Catat 39 Kasus 'Impor' Covid-19, Nol Infeksi Domestik
    Staf medis bersorak di sebuah rumah sakit penanganan covid-19 di Wuhan, Tiongkok. (Foto: AFP/STR/Getty)
    Beijing: Tren penurunan jumlah kasus dan kematian akibat penyakit virus korona (covid-19) di Tiongkok terus berlanjut hingga saat ini. Dalam laporan terbaru Komisi Kesehatan Nasional, Senin 23 Maret 2020, Negeri Tirai Bambu mencatat tambahan 39 kasus covid-19, yang semuanya 'diimpor' dari luar negeri.

    Sementara untuk kasus domestik covid-19, seperti dikutip dari laman Guardian, Tiongkok mencatat nol infeksi sejak beberapa hari terakhir hingga saat ini.

    Minggu kemarin, Tiongkok memerintahkan agar semua penerbangan internasional ke Beijing dialihkan ke beberapa kota lain. Nantinya, semua penumpang akan diperiksa terlebih dahulu sebelum melanjutkan perjalanan ke ibu kota Tiongkok.

    Pengalihan penerbangan ini merupakan upaya Pemerintah Tiongkok dalam memangkas jumlah kasus covid-19 yang datang dari luar negeri.

    Sementara itu di Wuhan, ibu kota provinsi Hubei tempat pertama munculnya covid-19, semua warga diizinkan untuk pergi ke kota lain. Namun ada syaratnya, yakni harus memiliki kode kesehatan hijau yang dikeluarkan otoritas setempat melalui aplikasi telepon genggam.

    Otoritas Wuhan menambahkan, mereka yang terjebak di Wuhan sejak dua bulan terakhir dapat pergi jika sudah mendapat sertifikat kesehatan.

    Warga dan relawan di Wuhan kini sudah bisa berbelanja ke toko makanan, namun harus memperlihatkan kode hijau di telepon genggam masing-masing. Sebelum masuk ke toko, mereka juga harus menjalani pemeriksaan temperatur tubuh dan menuliskan nama masing-masing.

    Aktivitas di beberapa kota lain, termasuk Beijing, juga berangsur normal Senin ini. Beberapa provinsi di Tiongkok telah mengumumkan tanggal masuk untuk kelanjutan kegiatan belajar mengajar di sekolah.

    Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengapresiasi langkah-langkah yang diterapkan Tiongkok dalam menghadapi covid-19. WHO menyebut Eropa kini menjadi pusat pandemi, karena lonjakan kasus dan kematiannya sudah jauh melampaui Tiongkok.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id