Presiden Tiongkok Kunjungi Tibet untuk Pertama Kalinya dalam Satu Dekade

    Marcheilla Ariesta - 23 Juli 2021 14:15 WIB
    Presiden Tiongkok Kunjungi Tibet untuk Pertama Kalinya dalam Satu Dekade
    Presiden Tiongkok Xi Jinping pertama kali kunjungi Tibet. Foto: AFP



    Nyingchi: Presiden Tiongkok Xi Jinping telah melakukan kunjungan mendadak ke Daerah Otonomi Tibet (TAR). Kunjungan tersebut dimulai dari Nyingchi dekat perbatasan Sino-India di Arunachal Pradesh dua hari lalu.

    Setelah mendarang di Nyingchi pada Rabu, 21 Juli 2021, Xi mengunjungi Lhasa, ibu kota Tibet. Kunjungan ke Lhasa merupakan yang pertama kali dilakukan setelah lebih dari satu dekade.

     



    Dalam rekaman video, Xi terlihat menyapa para penduduk di Nyingchi dengan ungkapan Tibet untuk keberuntungan 'Tashi Delek'.

    Dilansir dari Hindustan Times, Jumat, 23 Juli 2021, Xi meminta mereka untuk memiliki keyakinan akan masa depan yang lebih baik.

    Dalam sebuah laporan singkat kantor berita Xinhua dilaporkan, Xi tiba di bandara Nyingchi Mainling pada Rabu lalu dan disambut hangat penduduk setempat serta pejabat dari berbagai kelompok etnis.

    "Presiden kemudian mengunjungi jembatan sungai Nyang untuk memeriksa pelestarian ekologi di lembah sungai Yarlung Zangbo dan anak sungainya, Nyang," lapor Xinhua.

    Dalam pidatonya satu dekade lalu, Xi bersumpah untuk melawan kegiatan separatis terkait dengan Dalai Lama, pemimpin spiritual yang diasingkan Tiongkok.

    Kunjungan Xi ke Nyingchi ini terjadi sebulan setelah Tiongkok resmikan layanan kereta listrik pertamanya di Tibet, yang menghubungkan ibu kota Lhasa dan kota Nyingchi sebelum merayakan ulang tahun Partai Komunis yang ke-100 pada 1 Juli lalu.

    Peresmian jalur baru menandai tahap kritis dalam visi jangka panjang Negeri Tirai Bambu untuk membangun infrastruktur di Tibet. Pembangunan ini juga bertujuan menghubungkan daerah perbatasan terpencil dan Lhasa ke pedalaman Tiongkok.

    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id