Varian Delta Meluas, Pembatasan di Seoul Diperketat Hingga Level Tinggi

    Fajar Nugraha - 09 Juli 2021 12:29 WIB
    Varian Delta Meluas, Pembatasan di Seoul Diperketat Hingga Level Tinggi
    Warga Seoul di Korea Selatan harus menghadapi pengetatan pembatasan akibat covid-19. Foto: AFP



    Seoul: Korea Selatan (Korsel) akan meningkatkan pembatasan antivirus korona ke level tertinggi di Seoul. Ketentuan di tengah pandemi covid-19 ini juga diterapkan di beberapa wilayah tetangga selama dua minggu mulai Senin 12 Juli 2021.

    Ketentuan itu diumumkan oleh Perdana Menteri Kim Boo-kyum pada Jumat, setelah kasus baru covid-19 naik ke setiap hari. Ini merupakan catatan tertinggi untuk hari kedua berturut-turut. Hampir penyebaran itu sebagian besar dari varian Delta.

     



    Baca: Korsel akan Lakukan Semi-Lockdown untuk Cegah Merebaknya Covid-19.

    Negara Gingseng melaporkan 1.316 kasus covid-19 baru pada Kamis tengah malam. Angka ini naik dari Rabu sebelumnya yang mencatat 1.275 per hari. Namun pada Kamis seorang pejabat tinggi kesehatan memperingatkan jumlahnya mungkin hampir dua kali lipat pada akhir Juli.

    Di bawah pembatasan baru, orang-orang disarankan untuk tinggal di rumah sebanyak mungkin, sekolah ditutup, pertemuan publik dibatasi untuk dua orang setelah pukul 6.00 sore dan demonstrasi atau acara lainnya dilarang.

    Klub malam dan bar akan ditutup, sementara restoran dan kafe akan diizinkan duduk terbatas dan hanya layanan bawa pulang setelah jam 10 malam.

    "Seoul sendiri mencatat 500 kasus yang dikonfirmasi untuk hari ketiga," kata PM Kim dalam keterangannya, seperti dikutip AFP, Jumat 9 Juli 2021.

    “Dilaporkan, empat dari lima infeksi berasal dari wilayah metropolitan Seoul,” ungkapnya.

    “Sementara pembatasan tingkat empat yang baru -,yang terberat dari semua tindakan menjaga jarak,- akan diberlakukan pada Senin. Masyarakat diminta menahan diri dari pertemuan pribadi mulai Jumat,” tegas PM Kim.

    Baca: 17 WNI Dirawat Akibat Covid-19 di Korsel.

    Dia juga mengatakan bahwa selama dua minggu semi-lockdown, pemerintah akan menangguhkan program yang diperkenalkan awal tahun ini yang memungkinkan pertemuan luar ruangan bebas masker bagi warga yang divaksinasi dengan setidaknya satu suntikan vaksin covid-19.

    Korea Selatan hanya memberikan kedua suntikan dalam proses vaksinasi ganda kepada lebih dari 10 persen dari 52 juta penduduknya. Sementara 30 persen telah menerima setidaknya satu dosis, yang sebagian besar berusia di atas 60 tahun.

    Mereka bertujuan untuk mencapai kekebalan kelompok sebelum November dengan menginokulasi 70 persen masyarakat dengan setidaknya satu suntikan pada September. Total infeksi covid-19 Korea Selatan hingga saat ini mencapai 165.344, dengan 2.036 kematian.

    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id