comscore

Tsunami yang Dipicu Erupsi Gunung di Tonga Hantam Pesisir Jepang

Willy Haryono - 16 Januari 2022 10:14 WIB
Tsunami yang Dipicu Erupsi Gunung di Tonga Hantam Pesisir Jepang
Ombak menghantam tembok pesisir di kota Shibushi, Kagoshima, Jepang, 29 September 2018. (Behrouz MEHRI / AFP)
Tokyo: Setelah terjadinya erupsi gunung berapi bawah laut di negara pasifik Tonga, gelombang tsunami yang ditimbulkannya menghantam pesisir Jepang pada Sabtu malam. Menurut laporan Kyodo News, Minggu, 16 Januari 2022, tsunami setinggi 1,2 meter terpantau di pesisir kota Amami, sementara yang setinggi 1,1 meter di prefektur Iwate.

Dikutip dari Anadolu Agency, Agensi Meteorologi Jepang (JMA) memperingatkan bahwa gelombang tsunami setinggi 3 meter dapat melanda beberapa pulau di barat daya Jepang.
Sejauh ini, tidak ada laporan kematian atau korban luka maupun kerusakan parah akibat tsunami di Jepang. Namun JMA mengatakan gelombang tsunami di bawah 1 meter terpantau melanda banyak titik di area pesisir Negeri Sakura.

Otoritas prefektur Kagoshima dan area-area pesisir lainnya timur laut Jepang telah mengimbau warga untuk menjauhi area pantai.

Sementara itu, Pusat Peringatan Tsunami dari Badan Cuaca Nasional (NWS) telah mengeluarkan peringatan tsunami unttuk pesisir barat Amerika Serikat dan Kanada usai erupsi gunung berapi bawah laut di Tonga.

Gunung berapi itu, berlokasi sekitar 65 kilometter dari ibu kota Tonga, Nuku'alofa, telah mulai memuntahkan abu, uap dan gas sejak Jumat pagi.

Tsunami telah memaksa warga Tonga menyelamatkan diri dalam kegelapan total pada Sabtu malam. Sebuah video di sosial media merekam gelombang setinggi 1,5 meter melanda pesisir pantai Tonga. Warga yang sudah mendapat peringatan sebelumnya berbondong-bondong menyelamatkan diri ke tempat lebih tinggi.

"Hujan abu dan kerikil kecil, kegelapan menyelimuti langit," kata seorang warga Tonga,  Dr Faka'iloatonga Taumoefolau di Twitter.

Sirene peringatan telah berbunyi di Nuku'alofa saat pihak berwenang mendesak masyarakat untuk pindah ke tempat yang aman.

Baca: Tsunami Membuat Warga Tonga Mengungsi di Tengah Kegelapan

(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id