comscore

Ancaman Tsunami Tonga, BMKG Australia Minta Warga Jauhi Pesisir

Marcheilla Ariesta - 15 Januari 2022 22:01 WIB
Ancaman Tsunami Tonga, BMKG Australia Minta Warga Jauhi Pesisir
Warga Australia diperingatkan untuk menjauh dari air menyusul tsunami di Tonga./AFP
Canberra: Badan Meteorologi Australia memberikan peringatan tsunami menyusul letusan gunung berapi bawah laut di Tonga pada Sabtu, 15 Januari 2022. Gelombang tsunami diperkirakan akan mencapai pesisir timur Australia.

Dilansir dari AFP, peringatan tsunami berlaku untuk beberapa daerah, seperti Norfolk Island, Lord Howe Island, New South Wales, Queensland, Macquarie Island, Victoria, dan Tasmania.
Tercatat gelombang air laut mulai naik antara 10-82 sentimeter pada pukul 20.00 hingga 23.00 waktu setempat. Pengamatan gelombang air dilakukan di berbagai titik pesisir timur Negeri Kanguru.

"Orang-orang di daerah dengan ancaman genangan tanah dan banjir sangat disarankan oleh otoritas darurat untuk pergi ke tempat yang lebih tinggi atau setidaknya 1 kilometer ke daratan," kata badan tersebut dalam pernyataannya.

Baca juga: Tonga Keluarkan Peringatan Tsunami Usai Erupsi Gunung Bawah Laut

"Otoritas darurat juga menyarankan masyarakat keluar dan menjauh dari air langsung di tepi pelabuhan, muara pesisir, serta pantai," lanjut mereka.

Sementara itu, rekaman video menunjukkan gelombang tsunami menyapu rumah, sejumlah properti dan gereja di Tonga. Belum ada kabar mengenai korban jiwa.

Tsunami menghantam Tonga akibat letusan gunung api bawah laut. Akibat bencana alam ini, Raja Tonga Tupou VI sampai harus dievakuasi.

Gelombang yang dihasilkan oleh gunung berapi membanjiri ibu kota Nuku'alofa, membanjiri halaman istana, area-area pesisir dan jalanan utama negara pulau tersebut.

(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id