41 Korban Tewas Ditemukan dalam Kecelakaan Kereta Taiwan

    Fajar Nugraha - 02 April 2021 15:58 WIB
    41 Korban Tewas Ditemukan dalam Kecelakaan Kereta Taiwan
    Kereta yang keluar rel di Taiwan pada 2 April 2021. Foto: Facebook



    Taipei: Sedikitnya 41 orang tewas dan puluhan lainnya luka-luka ketika sebuah kereta tergelincir di sebuah terowongan di Taiwan pada Jumat 2 April. Kereta keluar jalur setelah menabrak sebuah truk.

    Kereta tersebut, sebuah kereta ekspres yang melakukan perjalanan dari Taipei ke Taitung membawa banyak turis pada awal akhir pekan yang panjang. Kereta keluar dari rel utara Hualien di Taiwan timur.
     
    Baca: Truk Diduga Jadi Penyebab Kecelakaan Kereta di Taiwan.

    Gambar dari lokasi kecelakaan menunjukkan gerbong di dalam terowongan hancur akibat benturan. Sementara yang lain ambruk, menghalangi penyelamat untuk mencapai penumpang. Kereta itu penuh, membawa sekitar 350 orang, kata petugas pemadam kebakaran.

     



    “Sebanyak 41 orang tewas, dua orang masih terperangkap di gerbong dan 66 orang telah dikirim ke rumah sakit," kata Badan Pemadam Kebakaran Nasional dalam update terbarunya, seperti dikutip Channel News Asia, Jumat 2 April 2021.

    Kecelakaan itu terjadi sekitar pukul 09.30 pagi waktu Taiwan.

    Sebuah video singkat yang dirilis oleh Pusat Operasi Darurat Pusat di dalam terowongan menunjukkan penyelamat tiba di tempat kejadian dan satu pintu kereta bengkok.

    Siaran langsung lain oleh jaringan berita lokal UDN menunjukkan setidaknya dua gerbong kereta yang tidak rusak di luar terowongan dengan penyelamat membantu penumpang melarikan diri.

    Perusahaan Kereta Api Taiwan mengeluarkan pernyataan terpisah yang mengatakan "banyak" tanpa tanda-tanda kehidupan, mengutip dinas pemadam kebakaran setempat.

    Kantor Presiden Tsai Ing-wen mengatakan dia telah memerintahkan rumah sakit untuk mempersiapkan peristiwa korban massal.

    "Prioritas utama sekarang adalah menyelamatkan orang-orang yang terlantar," kata kantor Kepresidenan Taiwan dalam sebuah pernyataan.

    Departemen pemadam kebakaran mengatakan, antara 80 hingga 100 orang telah dievakuasi dari empat gerbong kereta pertama. Sementara gerbong lima hingga delapan telah "berubah bentuk" dan sulit diakses.

    Polisi mengatakan kecelakaan itu diyakini disebabkan oleh kendaraan konstruksi yang meluncur dari tanggul dan menabrak kereta sebelum memasuki terowongan.

    "Ada kendaraan konstruksi yang tidak parkir dengan benar dan meluncur ke jalur kereta api," kata kepala polisi daerah Hualien Tsai Ding-hsien kepada wartawan.

    “Ini pemahaman awal kami dan kami sedang mengklarifikasi penyebab kejadian tersebut,” imbuhnya.

    Gambar dari tempat kejadian menunjukkan bagian belakang truk flatbed kuning di sisinya di samping kereta.

    "Kereta kami menabrak truk," kata seorang pria dalam sebuah video yang disiarkan di televisi Taiwan, menunjukkan gambar-gambar puing itu. "Truk itu jatuh," ujarnya.

    Bagian dari kereta terletak di luar terowongan, dan mereka yang berada di gerbong yang masih di dalam terowongan dibawa ke tempat aman.

    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id