Tutup Pertemuan Partai, Kim Jong-un Janji Perkuat Persenjataan Nuklir

    Surya Perkasa - 13 Januari 2021 07:47 WIB
    Tutup Pertemuan Partai, Kim Jong-un Janji Perkuat Persenjataan Nuklir
    Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un janjikan penguatan nuklir negaranya. Foto: AFP



    Pyongyang: Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un berjanji untuk memperkuat persenjataan nuklir negaranya dalam pidato penutupannya pada pertemuan Partai Pekerja Korea. Ucapan itu ditengarai sebagai upaya Kim Jong-un menarik perhatian pemerintah Amerika Serikat (AS) yang akan dipimpin Joe Biden.

    Pertemuan puncak nuklir antara Kim Jong-un dan Presiden AS Donald Trump di Hanoi pada Februari 2019 gagal karena pencabutan sanksi tidak dilakukan.






    "Sambil memperkuat penangkal perang nuklir kami, kami perlu melakukan segalanya untuk membangun militer yang paling kuat," kata dia seperti dikutip Kantor Berita KCNA, pada kongres Partai Buruh, seperti dikutip AFP, Rabu 13 Januari 2021.

    Sebelumnya dalam kongres yang berlangsung selama delapan hari ini, Kim menyebut AS "hambatan fundamental bagi perkembangan revolusi kita dan musuh utama kita yang paling utama".

    “Niat sebenarnya dari kebijakannya terhadap Korea Utara tidak akan pernah berubah, siapa pun yang berkuasa,” tambah Kim Jong-un, tanpa menyebut nama Biden.

    “Korut telah menyelesaikan rencana untuk kapal selam bertenaga nuklir,” jelasnya.

    Menurut Kim, kapal selam ini akan menjadi pengubah permainan strategis. Dia juga memaparkan daftar belanja senjata, termasuk hulu ledak peluncur hipersonik, satelit pengintai militer dan rudal balistik antarbenua berbahan bakar padat.

    Program senjata Korea Utara telah membuat kemajuan pesat di bawah Kim, termasuk sejauh ini ledakan nuklir terkuatnya hingga saat ini dan misil yang mampu menjangkau seluruh benua Amerika Serikat. Kepemilikan ini membuat Korut makin terimbas sanksi internasional yang semakin ketat.

    Pada parade militer pada Oktober, Korut memamerkan rudal balistik antarbenua (ICBM) baru yang sangat besar. Menurut para analis, itu adalah rudal jalan raya berbahan bakar cair terbesar di dunia.



    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id