PM Baru Jepang akan Temui Menlu AS Bulan Depan

    Willy Haryono - 19 September 2020 20:04 WIB
    PM Baru Jepang akan Temui Menlu AS Bulan Depan
    PM Jepang Yoshihide Suga. (Foto: AFP)
    Tokyo: Perdana Menteri baru Jepang Yoshihide Suga mempersiapkan diri untuk mejamu Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo di Tokyo pada awal bulan depan. Ini akan menjadi pertemuan pertama Suga dengan pejabat asing setelah dirinya menjadi PM baru Jepang menggantikan Shinzo Abe.

    Menurut laporan kantor berita NHK, Pompeo juga akan bertemu dengan menteri luar negeri Jepang, Australia, dan India di Tokyo.

    Pompeo bersama Suga dan jajaran menlu tiga negara disebut NHK akan mendiskusikan kerja sama di berbagai bidang, termasuk mengenai pandemi virus korona (covid-19). Mereka juga dikabarkan hendak membicarakan mengenai isu kawasan Indo-Pacific yang bebas dan terbuka.

    Jumat kemarin, media Jepang melaporkan bahwa Suga akan berbicara dengan Presiden AS Donald Trump via sambungan telepon pada Minggu besok, 20 September 2020.

    Pada Rabu 16 September, Suga resmi menjadi PM baru Jepang usai berlangsungnya pemungutan suara di parlemen. Sebanyak 314 anggota parlemen memilih Suga sebagai PM Jepang. Secara total, 462 suara anggota parlemen dinyatakan sah.
     
    Proses pemungutan suara di parlemen ini disiarkan secara langsung di situs parlemen Jepang.

    Terpilihnya Suga sebagai PM pengganti Shinzo Abe sebenarnya sudah dapat dipastikan, karena mayoritas parlemen Jepang diisi politisi partai berkuasa, Partai Demokratik Liberal (LDP). Dalam dunia politik Jepang, seorang ketua partai berkuasa sudah hampir dipastikan juga menjabat sebagai PM.
     
    Pemilihan ketua LDP sekaligus PM Jepang dilakukan usai Abe mengumumkan pengunduran dirinya pada akhir Agustus. Abe mengaku mundur karena mengalami masalah kesehatan.

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id