Solidaritas Tiongkok dan G77 untuk Negara Terdampak Covid-19

    Willy Haryono - 04 April 2020 19:03 WIB
    Solidaritas Tiongkok dan G77 untuk Negara Terdampak Covid-19
    Ilustrasi virus korona covid-19. (Foto: Medcom.id)
    Beijing: Pemerintah Tiongkok dan para anggota Group of 77 (G77) mengekspresikan solidaritas untuk semua negara terdampak pandemi virus korona (covid-19). Dalam pernyataan gabungan, Tiongkok dan G77 mengapresiasi semua staf kesehatan dan peneliti medis yang bekerja di garda terdepan dalam perang melawan covid-19.

    "Menyerukan komunitas internasional untuk mengadopsi langkah-langkah darurat dan efektif untuk mengeliminasi penggunaan kebijakan ekonomi koersif dan unilateral terhadap negara-negara berkembang," ungkap pernyataan gabungan Tiongkok dan G77.

    Menurut kedua pihak, kebijakan koersif tidak hanya berdampak negatif terhadap upaya melawan pandemi, tapi juga berimbas pada kerja sama serta solidaritas antar negara global.

    Seruan terbaru ini memperkuat pernyataan gabungan sebelumnya yang dibuat oleh Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa Antonio Guterres dan Gerakan Non Blok. PBB serta Gerakan Non Blok mengecam blokade dan sanksi ekonomi yang diterapkan sejumlah negara, terutama di tengah pandemi covid-19.

    Pernyataan gabungan Tiongkok dan G77 juga menyerukan adanya skema berbagi informasi dan teknologi untuk pendeteksian, pencegahan, perawatan, dan pengendalian pandemi covid-19 di level global.

    Kedua kubu juga mengapresiasi solidaritas dan kerja sama antar negara berkembang, yang dilakukan dalam kerangka kemitraan Selatan-Selatan, dalam menghadapi pandemi covid-19. Tiongkok dan G77 menegaskan bahwa inilah saatnya bagi komunitas internasional untuk mendemonstrasikan kapabilitas kerja sama dalam upaya mitigasi dampak covid-19.

    G77 di PBB adalah koalisi negara-negara berkembang yang bertujuan mendorong kepentingan politik dan ekonomi kolektif para anggotanya. Meski awalnya hanya 77, G77 telah berkembang dan kini beranggotakan lebih dari 130 negara.

    Berdasarkan data terbaru Universitas Johns Hopkins pada Sabtu ini, total kasus covid-19 di kancah global telah melewati 1 juta 120 ribu dengan lebih dari 58 ribu kematian dan 226.873 pasien sembuh.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id