Wakil Ketua MPR Ajak Dunia Bersatu Lawan Covid-19

    Theofilus Ifan Sucipto - 26 Juni 2020 21:01 WIB
    Wakil Ketua MPR Ajak Dunia Bersatu Lawan Covid-19
    Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat. Medcom.id/Fachri Audia Hafiez
    Jakarta: Seluruh negara perlu bersatu untuk menangani pandemi virus korona (covid-19). Kesadaran internasional mengatasi krisis sangat penting agar pandemi segera berlalu.

    "Harus ada komitmen, solidaritas, dan tujuan bersama untuk menciptakan masa depan yang cerah bagi anak-anak kita, masa depan generasi mendatang," kata Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat saat membuka Bilateral Digital Conference antara Indonesia dan Australia yang digagas Partai NasDem dan Partai Buruh Australia, Jumat, 26 Juni 2020.

    Berdasarkan data per Jumat, 26 Juni 2020, masih ada 51.427 kasus positif korona meski Indonesia mencatat rekor penambahan kesembuhan terbanyak 884 orang menjadi 21.333 orang. Namun, politikus yang akrab disapa Rerie itu mengatakan pandemi virus korona tidak hanya berdampak pada sektor kesehatan Indonesia.

    Pandemi korona juga menghantam perekonomian Indonesia. Hal itu disebabkan kebijakan menjaga jarak sosial yang memengaruhi permintaan dan penawaran.

    Rerie mengutip hasil survei lembaga riset Saiful Mujani Research and Consulting pada 18 hingga 20 Juni 2020. Hasil riset menunjukkan sekitar 76 persen pendapatan masyarakat terdampak karena pandemi korona.

    “Hanya 34 persen dari masyarakat yang yakin pemulihan ekonomi akan berhasil tahun depan," ujar politikus Partai NasDem itu.

    Rerie menyebut, Indonesia menghadapi sejumlah tantangan seperti kondisi lingkungan yang berbeda setiap wilayah. Selain itu, sistem pendidikan dan kesehatan yang terbatas serta respons ekonomi yang relatif lambat juga menjadi pekerjaan rumah (PR) pemerintah.

    Pemimpin oposisi di Senat Australia, Penny Wong, sepakat dengan pernyataan Rerie. Penny mengatakan setiap negara berada pada tahap pandemi yang berbeda.

    "Dengan tidak adanya respons ekonomi global  terhadap pandemi, kita perlu berbuat lebih banyak di tingkat regional untuk mengoordinasikan upaya-upaya kedua negara," ujarnya.

    Penny, mengatakan keberhasilan Australia dalam meratakan kurva pandemi di dalam negeri hanyalah langkah pertama. Kesuksesan jangka panjang, menurut dia, akan tergantung pada negara tetangga.

    "Kita semua berharap bisa menyambut lagi wisatawan, pelajar, dan pebisnis Indonesia kembali ke Australia dan saya yakin banyak orang Australia sangat tertarik untuk berlibur ke Indonesia."

    Asisten Bendahara Bayangan, Stephen Jones MP, menyebut pengembangan hubungan ekonomi sangat penting untuk pemulihan ekonomi kedua negara.

    "Australia selalu menjadi negara yang bertumpu pada perdagangan. Kami akan membutuhkan kemitraan yang kuat dan berkembang seperti kemitraan yang kami miliki dengan Indonesia."



    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id