59 WNI Pulang dari India Bukan Jemaah Tabligh

    Marcheilla Ariesta - 20 Mei 2020 17:44 WIB
    59 WNI Pulang dari India Bukan Jemaah Tabligh
    Direktur PWNI dan BHI Judha Nugraha dalam pers briefing virtual Kementerian Luar Negeri. (Foto: Dok. Kemenlu RI).
    Jakarta: Sebanyak 59 warga negara Indonesia direpatriasi dari India ke Indonesia hari ini, Rabu 20 mei 2020. Mereka merupakan WNI yang tertahan di India.

    Namun, mereka bukan WNI anggota jemaah tabligh. Hal ini disampaikan Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia (PWNI dan BHI) Kementerian Luar Negeri Judha Nugraha.

    "Khusus untuk WNI yang stranded di India, dapat kami sampaikan pada hari ini ada penerbangan repatriasi dan Insya Allah pada sore nanti akan tiba sebanyak 59 WNI," kata Judha dalam konferensi pers virtual di Jakarta.

    "Untuk jemaah tabligh yang ada di India, saat ini memang belum dapat difasilitasi kepulangannya," sambung Judha.

    Dia menjelaskan ada dua alasan WNI jemaah tabligh belum bisa kembali ke Indonesia. Pasalnya sebagian masih dalam proses karantina, dan sebagian lagi masih menjalani proses hukum.

    "Terdapat beberapa yang mendapatkan laporan kepolisian kepada pengadilan. Dan ada yang statusnya saat ini dalam penahanan pihak kepolisian," imbuhnya.

    Masalah hukum yang dihadapi WNI jemaah tabligh disebabkan karena melanggar kebijakan pemerintah setempat terkait virus korona (covid-19). Perwakilan RI di India dilaporkan terus memberikan bantuan hukum kepada para WNI tersebut.

    "Segera setelah proses yang terkait dengan otoritas setempat selesai, kami tentu berharap jemaah tabligh kita bisa segera kita pulangkan," pungkasnya.

    Berdasarkan data Kementerian Luar Negeri ada 75 WNI yang terjangkit covid-19 di India. Sebanyak 74 orang dilaporkan sudah sembuh, sementara seorang lainnya masih dirawat dan dalam kondisi stabil.

    (WIL)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id