Afghanistan Bunuh 1.100 Militan Taliban dalam 25 Hari

    Willy Haryono - 16 November 2020 15:00 WIB
    Afghanistan Bunuh 1.100 Militan Taliban dalam 25 Hari
    Sekelompok militan Taliban berada di tengah masyarakat sipil di Kandahar. (AFP)
    Kabul: Pemerintah Afghanistan merilis daftar nama 1.100 anggota kelompok militan Taliban yang berhasil dibunuh dalam 25 hari terakhir pada Minggu, 15 November. Daftar nama dirilis saat Afghanistan sedang menjalani dialog damai dengan Taliban di Doha, Qatar.

    Menurut laporan Kementerian Dalam Negeri Afghanistan, sejumlah komandan utama Taliban dan beberapa militan asing yang bergabung ke dalam kelompok tersebut telah berhasil dibunuh pasukan nasional.

    Sebagian besar pertempuran yang menewaskan 1.100 militan Taliban berlangsung di provinsi Helmand dan Kandahar.

    Juru bicara Kemendagri Afghanistan Tariq Arian mengatakan dalam sebuah konferensi pers bahwa dari 1.100 militan tersebut, 152 di antaranya berasal dari Pakistan.

    "Tujuh puluh komandan Taliban telah berhasil dibunuh di Helmand dan Kandahar melalui operasi pasukan Afghanistan dalam 25 hari terakhir," kata Arian, dilansir dari laman Yeni Safak pada Senin, 16 November 2020.

    Baca:  Ghani Minta Biden Bantu Afghanistan Perangi Terorisme

    Ia tidak merilis data kematian maupun korban luka dari kubu pasukan Afghanistan yang terlibat dalam operasi tersebut. Sejauh ini, Taliban belum berkomentar mengenai daftar yang dirilis Kemendagri Afghanistan.

    Kabar terbaru dari Kabul muncul sekitar dua bulan usai dimulainya dialog damai antara Afghanistan dan Taliban di Doha, Qatar. Hingga saat ini kedua kubu belum mencapai kesepakatan apapun.

    Sementara itu pada akhir pekan kemarin, tiga prajurit Afghanistan dilaporkan tewas dalam ledakan di dekat gerbang masuk kota Kabul. Otoritas Kabul mencurigai kelompok militan Taliban sebagai dalang di balik serangan.

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id