comscore

Wayang Kulit dan Gamelan Meriahkan Festival Indonesia di Jepang

Willy Haryono - 01 November 2021 15:40 WIB
Wayang Kulit dan Gamelan Meriahkan Festival Indonesia di Jepang
Gamelan dari Grup Semilir menghibur masyarakat Jepang di Yamanashi Gakuin University (YGU), Sabtu, 30 Oktober 2021. (Kemenlu RI)
Kofu: Dalam mempromosikan budaya Indonesia, KBRI Tokyo menyelenggarakan "Indonesian Festival" di Yamanashi Gakuin University (YGU), Sabtu, 30 Oktober. Acara yang terbagi dalam tiga sesi ini diselenggarakan secara hibrida dan dihadiri sekitar 621 orang, terdiri dari 380 warga Jepang yang hadir secara langsung dan 241 melalui metode daring.

"Hubungan Indonesia-Jepang saling melengkapi dari segi ekonomi, demografi, sumber daya alam hingga teknologi. Indonesia ingin terus memperkuat kerja sama dengan Jepang di berbagai bidang termasuk bidang pendidikan," ujar Duta Besar Indonesia untuk Jepang, Heri Akhmadi, dalam keterangan di situs Kemenlu RI, Senin, 1 November 2021.
Pernyataan disampaikan Dubes Heri di saat dirinya memberikan kuliah umum berjudul "Indonesia dan Jepang Berbagi Masa Depan Bersama."

Presiden YGU, Koji Furuya mengapresiasi penyelenggaraan Indonesian Day KBRI Tokyo ini. "Terima kasih sekali atas kegiatan ini. Saya berharap ke depannya akan semakin ada peningkatan kerja sama Jepang - Indonesia," kata Koji Furuya bersama Wali Kota Kofu, Yuuichi Higuchi.

Setelah kuliah umum, para peserta mengikuti lokakarya Gamelan dari Grup Semilir dan Pergelaran Wayang Kulit oleh Ki Dalang Sumiyanto dengan lakon Bimo Cangkang.

Antusiasme warga Jepang terlihat saat berkesempatan mencoba langsung memainkan instrumen Gamelan dengan bimbingan pemain grup Gamelan Semilir.

Di akhir acara, KBRI Tokyo memberikan bingkisan berupa makanan dan bumbu instan khas Indonesia kepada para peserta.

Selain di Jepang, gamelan Indonesia juga berhasil memukau masyarakat Amerika Serikat di kota Chicago. Penampilan gamelan tersebut merupakan salah satu upaya KJRI Chicago dalam memperkenalkan budaya Indonesia di Negeri Paman.

Gamelan juga pernah hadir menghibur masyarakat Argentina di Pusat Kebudayan Kirchner.

Baca: Masyarakat Argentina Berebut Menonton Pentas Gamelan Sang Bagaskara

(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id