comscore

Tidak Ada WNI Jadi Korban Erupsi dan Tsunami Tonga

Willy Haryono - 16 Januari 2022 18:44 WIB
Tidak Ada WNI Jadi Korban Erupsi dan Tsunami Tonga
Ilustrasi gelombang tsunami. (Medcom.id)
Wellington: Erupsi gunung berapi bawah laut di Tonga, Hunga-Tonga-Hunga-Ha'apai, terasa di seantero negeri dan beberapa negara pulau lainnya di Pasifik, termasuk Samoa dan Cook Islands. Gelombang tsunami yang ditimbulkan dari erupsi itu bahkan terjadi di pesisir Jepang.

Sejauh ini, Tonga belum mengumumkan ada tidaknya korban jiwa atau luka, karena jaringan komunikasi di sana terputus usai erupsi.
"Samoa dan Cook Islands juga terdampak (erupsi dan tsunami). KBRI Wellington sudah menghubungi simpul WNI di masing-masing tempat, dan dilaporkan tidak ada WNI yang jadi korban," ucap keterangan tertulis Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia (PWNI dan BHI) Kementerian Luar Negeri, Judha Nugraha yang dterima Medcom.id, Minggu, 16 Januari 2022.

Sebelumnya, Judha mengatakan bahwa terdapat lima WNI yang berada di Tonga saat erupsi gunung Hunga-Tonga-Hunga-Ha'apai terjadi pada Sabtu kemarin. Kelima WNI itu tinggal di ibu kota Tonga, Nuku'alofa.

"Kondisi mereka belum diketahui karena komunikasi yang terputus," ujar Judha.

Berdasarkan informasi Pemerintah Selandia Baru, hingga saat ini belum ada laporan terkait jatuhnya korban jiwa pascaerupsi dan tsunami di Tonga.

Namun Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern mengatakan bahwa ibu kota Tonga mengalami "kerusakan parah" usai terjadinya erupsi gunung berapi bawah laut yang memicu gelombang tsunami.

Pernyataan PM Jacinda Ardern disampaikan di saat negara-negara Pasifik dan grup kemanusiaan berusaha menghubungi Tonga pada Minggu ini, satu hari usai bencana alam memutus jaringan telepon dan internet di sana.
 
Meski sebagian besar jaringan komunikasi terputus, PM Jacinda Ardern mengaku telah berhasil menghubungi Kedutaan Besar Selandia Baru di Nuku'alofa.

"Tsunami menimbulkan dampak signifikan terhadap sisi utara Nuku'alofa. Banyak kapal dan bebatuan besar tersapu ke area pesisir," kata PM Ardern kepada awak media di Wellington.

Baca:  Selandia Baru Sebut Erupsi dan Tsunami di Tonga Timbulkan Kerusakan Parah

(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id