comscore

Menlu Australia Penny Wong Bertekad Perkuat Hubungan dengan Negara Pasifik

Willy Haryono - 26 Mei 2022 20:02 WIB
Menlu Australia Penny Wong Bertekad Perkuat Hubungan dengan Negara Pasifik
Menteri Luar Negeri Australia Penny Wong. (Saeed Khan / AFP)
Canberra: Menteri Luar Negeri Penny Wong bertekad memperkuat hubungan Australia dengan negara-negara Pasifik, terutama dalam hal kerja sama terkait perubahan iklim.

Dalam sebuah pidato di Sekretariat Forum Kepulauan Pasifik di Fiji, Wong menegaskan bahwa pemerintahan Australia di bawah Perdana Menteri Anthony Albanese akan bekerja sama dengan mitra-mitra Pasifik terkait sektor keamanan kawasan.

Kunjungan ke Fiji dilakukan di tengah meningkatnya ketegangan keamanan, setelah Tiongkok memutuskan menandatangani sebuah pakta keamanan dengan Kepulauan Solomon beberapa waktu lalu.

Pekan ini, Menlu Tiongkok Wang Yi juga dijadwalkan berkunjung ke Kepulauan Solomon dan Fiji sebagai bagian dari tur kawasan Pasifik.

"Tantangan iklim, Covid-19 dan sengketa strategis akan menantang kita dalam cara-cara baru. Kami memahami bahwa keamanan satu mitra Pasifik berada di tangan keseluruhan keluarga Pasifik," sebut Wong, dikutip dari The New Daily, Kamis, 26 Mei 2022.

"Saya berkomitmen untuk bekerja bersama dan mendengarkan jajaran petinggi Pasifik dalam bersama-sama menghadapi berbagai tantangan. Australia akan tetap menjadi mitra penting di tengah keluarga Pasifik untuk tahun-tahun ke depan," ungkapnya.

Sebelumnya pada Kamis kemarin, Wong telah berbicara dengan PM Fiji Frank Bainimarama dan juga menlu serta beberapa pejabat tinggi di negara tersebut.

Menurut Wong, negara-negara Pasifik telah berada di garda terdepan dalam aksi iklim, sehingga Australia pun perlu untuk meningkatkan langkah-langkah nyata.

"Di bawah pemerintahan sebelumnya, Australia telah mengabaikan tanggung jawabnya untuk bertindak dalam isu perubahan iklim. Mereka juga mengabaikan seruan-seruan dari keluarga Pasifik untuk mengambil tindakan nyata," sebut Wong.

"Saya ingin memastikan bahwa sekarang kami mendengarkan kalian. Ini adalah pemerintah Australia yang berbeda. Kami akan bahu membahu bersama keluarga Pasifik dalam merespons krisis ini," ungkapnya.

Baca:  Perubahan Iklim Ancam Keberlangsungan Hidup Penyu(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id