comscore

Terbesar Sejak Oktober, 39 Pesawat Tiongkok Coba Terobos Ruang Udara Taiwan

Willy Haryono - 24 Januari 2022 12:09 WIB
Terbesar Sejak Oktober, 39 Pesawat Tiongkok Coba Terobos Ruang Udara Taiwan
Pesawat jet tempur J-20 milik Angkatan Udara Tiongkok terbang di langit Beijing, 13 Juni 2021. (SEBASTIEN RICCI / AFP)
Taipei: Taiwan mengaku telah mengusir 39 pesawat Tiongkok yang berusaha memasuki Zona Identifikasi Pertahanan Udara (ADIZ) mereka pada Minggu, 23 Januari 2022. Ini merupakan penerobosan terbesar yang dilakukan Angkatan Udara Tiongkok ke Taiwan sejak Oktober 2021.

Dikutip dari The Hill, Kementerian Pertahanan Taiwan bergerak cepat dalam mengusir 39 pesawat Tiongkok, yang terdiri dari 34 jet tempur, empat tipe electronic warfare, dan satu pengebom.
Tiongkok menganggap Taiwan sebagai provinsi terpisah yang suatu saat akan kembali bergabung dengan Negeri Tirai Bambu. Namun Taiwan menganggap pulau mereka sebagai negara independen dan bukan merupakan bagian dari "Satu Tiongkok."

Oktober lalu, Taiwan mencatat ada 148 pesawat Tiongkok yang terbang menerobos ADIZ. Sejak saat itu, pelanggaran serupa terjadi hampir setiap hari.

Pemerintah Taiwan menganggap pelanggaran berulang tersebut merupakan upaya Tiongkok dalam mengetes kemampuan angkatan udara Taipei, serta membuat para pilot pesawat jet tempur kelelahan karena harus terus mengudara.

Tiongkok mengklaim apa yang dilakukannya bukan pelanggaran,  melainkan hanya misi latihan rutin demi melindungi kedaulatan negara. Sejauh ini, Tiongkok belum berkomentar mengenai 39 pesawatnya yang diklaim telah menerobos ADIZ Taiwan.

Dipimpin dalam pemerintahan demokratis, Taiwan terus mendapat tekanan dari Tiongkok dalam beberapa tahun terakhir. Namun pemerintahan Taiwan yang saat ini dipimpin Presiden Tsai Ing-wen mengaku siap membela diri dari segala bentuk ancaman, termasuk agresi militer Tiongkok.

Baca: Tiongkok Tak Akan Toleransi Intervensi Asing di Taiwan

(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id