comscore

Populer Internasional: Menlu Taliban Temui Mantan Musuh hingga Paus Bicara Kerusuhan Kazakhstan

Fajar Nugraha - 11 Januari 2022 10:03 WIB
Populer Internasional: Menlu Taliban Temui Mantan Musuh hingga Paus Bicara Kerusuhan Kazakhstan
Taliban kembali menguasai Afghanistan pada Agusus 2021. Foto: AFP
Kabul: Menteri Luar Negeri Taliban Amir Khan Muttaqi bertemu dengan mantan musuh yakni Ahmad Massoud di Iran pada akhir pekan. Pertemuan dengan putra mendiang pemimpin perlawanan legendaris Afghanistan Ahmad Shah Massoud itu untuk membujuknya kembali ke Afghanistan. 

Kabar tersebut menjadi berita terpopuler Internasional Medcom, yang diikuti dengan isu mengenai AS dan Rusia masih berselisih mengenai Ukraina usai pertemuan di Jenewa.

 



Kemudian Paus Fransiskus yang mendorong dialog di Kazakhstan juga menjadi berita terpopuler. Berikut selengkapnya mengenai berita terpopuler Internasional Medcom:

1. Temui Mantan Musuh, Menlu Taliban Janjikan Perlindungan

Menteri Luar Negeri Taliban Amir Khan Muttaqi bertemu dengan mantan musuh yakni Ahmad Massoud di Iran pada akhir pekan. Pertemuan dengan putra mendiang pemimpin perlawanan legendaris Afghanistan Ahmad Shah Massoud itu untuk membujuknya kembali ke Afghanistan. 
 
Pasukan Lembah Panjshir Massoud memberikan perlawanan terakhir pada September untuk pengambilalihan Afghanistan oleh Taliban, beberapa minggu setelah pasukan pemerintah menyerah.
 
Dalam sebuah video yang diposting Senin oleh media pemerintah di Twitter, Menteri Luar Negeri Taliban Amir Khan Muttaqi mengatakan dia juga bertemu Ismail Khan, seorang panglima perang provinsi Herat yang menyerah kepada Taliban dan meninggalkan negara itu.

Taliban telah mengumumkan kepergian Muttaqi ke Teheran untuk melakukan pembicaraan dengan para pejabat Iran tetapi tidak menyebutkan rencana untuk bertemu dengan para pemimpin di pengasingan.

Apa yang ditawarkan oleh Menlu Taliban kepada mantan musuhnya? Simak tautan ini.

2. AS dan Rusia Masih Berselisih Soal Ukraina Usai Pertemuan di Jenewa

Amerika Serikat (AS) dan Rusia belum menunjukkan tanda-tanda mempersempit perselisihan paham mereka atas isu Ukraina dan keamanan Eropa usai berlangsungnya pertemuan di Jenewa, Swiss, Senin, 10 Januari 2022. Rusia mengulang beberapa permintaan mereka, namun AS menolaknya.

Halaman Selanjutnya
  Rusia… …






Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id