comscore

Dubes RI Perkenalkan Pancasila di Fiji

Willy Haryono - 18 Juni 2022 09:16 WIB
Dubes RI Perkenalkan Pancasila di Fiji
Dubes RI untuk Fiji Benyamin Scott Carnadi (kanan) hadir dalam malam gelar budaya dan keberagaman di Suva, Fiji, Rabu, 15 Juni 2022. (Kemenlu RI)
Suva: Masih dalam semangat memperingati Hari Lahir Pancasila di tahun 2022, KBRI Suva menyelenggarakan malam gelar budaya dan keberagaman bertemakan "Celebrating Diversity: Pancasila the Way of Life of Indonesia" di Kediaman Duta Besar RI untuk Fiji pada Rabu malam, 15 Juni. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Yang Mulia Presiden Fiji, Ratu Wiliame Katonivere beserta Ibu Negara Filomena Katonivere.

Dalam acara tersebut, Duta Besar R.M Benyamin Scott Carnadi memperkenalkan nilai-nilai luhur Pancasila yang merupakan dasar negara Republik Indonesia kepada Presiden Fiji yang hadir didampingi para pejabat kantor Presiden dan Kementerian Luar Negeri Fiji.
Acara ini dilatarbelakangi semangat memperingati Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada 1 Juni sebagai dasar falsafah bangsa Indonesia.

Sejak kemerdekaan Indonesia pada 77 tahun silam (17 Agustus 1945), Pancasila telah teruji dan terbukti ampuh menyatukan bangsa Indonesia, masyarakat negeri kepulauan yang multikultural dengan beragam adat istiadat, etnis, bahasa kedaerahan, budaya dan agama yang terletak di antara Samudra Hindia hingga Samudra Pasifik, membentang 5.000 kilometer di sepanjang garis khatulistiwa.

Pancasila dicetuskan oleh Presiden pertama Indonesia, Ir. Sukarno, pada 1 Juni 1945, beberapa bulan sebelum hari kemerdekaan, untuk menjadi prinsip dasar berbangsa dan bernegara dalam multi keberagaman di negara baru Indonesia. 

KBRI Suva merayakan dan berbagi keberagaman budaya Indonesia dengan Presiden Katonivere yang gencar mempromosikan kekuatan keragaman dari masyarakat multikultural Fiji.

Presiden Katonivere menyampaikan apresiasi kepada Dubes Carnadi dan keluarga besar KBRI Suva atas keramahan dan ketulusan penerimaan dan penghormatan yang dirasakannya. Lebih lanjut, ia menambahkan bahwa terdapat kesamaan antara Fiji dengan Indonesia yang menjunjung tinggi keberagaman dan pelestarian budaya dan kearifan lokal dari generasi ke generasi.

"Ada persamaan antara bahasa dan budaya kita. Malam ini, Anda telah menunjukkan kepada saya dan istri saya, dan tim yang datang ke sini, akan keindahan dan pentingnya melestarikan budaya dan merawat keberagaman, dan itu adalah sesuatu yang saya selalu perjuangkan di Fiji," ujar Presiden Katonivere, dalam keterangan di situs Kementerian Luar Negeri, Jumat, 17 Juni 2022.

Saat tiba di Wisma Duta, Presiden Fiji dan Ibu Negara disematkan kain Ulos oleh Dubes Carnadi dan Istri sebagai bentuk penyambutan hangat di Wisma Duta dan juga sebagai pembungkus berkah bagi Presiden dan Ibu Negara.

Malam tersebut juga dimeriahkan berbagai penampilan musik dan tari. Tari Pendet, dan perpaduan tarian Sajojo dan tarian Meke asal Fiji serta permainan Angklung dipentaskan oleh alumnus penerima Beasiswa Seni Budaya Indonesia (BSBI) yang saat ini tergabung dalam Indonesian Scholarship Fiji Alumni (ISFA).

Baca:  Indonesia Bangun Gedung Asrama Queen Victoria School di Fiji

(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id