Muncul Laporan Tanda-tanda Kudeta di Korea Utara

    Fajar Nugraha - 09 Juli 2021 15:49 WIB
    Muncul Laporan Tanda-tanda Kudeta di Korea Utara
    Muncul laporan adanya percobaan kudeta terhadap Kim Jong-un. Foto: AFP



    Pyongyang: Menurut sebuah laporan oleh Monthly Chosun pada 7 Juli 2021 ada dugaan rencana kudeta terhadap pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un. Tanda-tanda ini dilihat dari kendaraan komando pengawal Kim Jong-un  yang dibakar habis.

    Berdasarkan laporan, insiden itu terjadi pada 30 Juni lalu. Kim Jong-un diketahui memerintahkan pengangkutan material berkualitas tinggi yang akan digunakan dalam pembangunan rumah mewah.

     



    Seperti dilansir dari situs Allkpop, Jumat 9 Juli 2021, bahan-bahan tersebut dibeli di Tiongkok melalui kapal penyelundupan.

    Kapal-kapal penyelundup itu tiba di Pelabuhan Dongyang pada 4 Juli untuk mengangkut bahan-bahan berkualitas tinggi ke Pyeongyang. Mereka dilengkhapi tujuh kendaraan untuk menghindari pengawasan internasional.

    Selama proses itu, kendaraan terakhir dalam transportasi benar-benar terbakar bersama dengan persediaan.  Di tempat kejadian, komandan pengawal menilai bahwa kendaraan telah dibakar dengan pembakaran yang disengaja dan melaporkannya kepada Kim Jong-un.

    Mengingat hal itu sebagai awal dari kemungkinan upaya kudeta, pemimpin Korut pun mengirim tim penyelidik dari Komando Pertahanan Nasional untuk melakukan penyelidikan intensif.

    Sebelumnya pada 30 Juni, Monthly Chosun melaporkan bahwa Kim Jong-un telah memesan bahan berkualitas tinggi untuk pembangunan 800 rumah mewah di kaki sungai di Pyeongyang untuk diimpor secara rahasia. Bahan-bahan kelas atas ini diberi nama kode 'No. 1 item' untuk menjaga impor di bawah radar.

    Telah dilaporkan bahwa 800 rumah yang ingin dibangun Kim Jong-un adalah bangunan bertingkat rendah yang akan diberikan sebagai hadiah. Dia dikatakan telah menghabiskan USD4 miliar untuk barang-barang mewah yang diberikan sebagai hadiah selama bertahun-tahun dia menjadi pemimpin Korea Utara.

    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id