Laksamana Muda AS Kunjungi Taiwan Tanpa Pemberitahuan

    Willy Haryono - 23 November 2020 12:36 WIB
    Laksamana Muda AS Kunjungi Taiwan Tanpa Pemberitahuan
    Bendera Taiwan. (AFP)
    Taipei: Seorang laksamana muda dari Angkatan Laut Amerika Serikat mengunjungi Taiwan pada Minggu, 22 November. Kunjungan dilakukan secara mendadak tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

    Kunjungan mendadak ini dipastikan akan semakin membuat geram Tiongkok, dan di waktu bersamaan mungkin dapat membantu membentuk kebijakan dari presiden terpilih AS Joe Biden dalam isu Tiongkok-Taiwan.

    Beberapa sumber mengidentifikasi petinggi Angkatan Laut AS yang mendatangi Taiwan pada Minggu kemarin adalah Laksamana Muda Michael Studeman. Studeman merupakan seorang petinggi intelijen militer di pusat komando AS untuk wilayah Indo-Pasifik.

    Kementerian Luar Negeri Taiwan menyambut kedatangan sang laksamana muda. "Kami tidak dapat memberikan detail lebih lanjut karena kunjungan ini tidak diumumkan ke publik," ujar Kemenlu Taiwan, dikutip dari laman CNN pada Senin, 23 November 2020.

    Di bawah kepemimpinan Presiden Donald Trump, AS meningkatkan hubungan dengan Taiwan, terutama dalam 12 bulan terakhir. Pemerintahan Trump telah mengizinkan penjualan senjata bernilai miliaran dolar ke Taiwan, dan pada Agustus lalu, Menteri Kesehatan Alex Azar menjadi pejabat paling senior dari Washington yang mengunjungi pulau tersebut.

    Intensnya hubungan dengan Taiwan dilakukan saat AS meningkatkan tekanan terhadap pengaruh Tiongkok. AS dipandang sejumlah pihak berusaha membangun aliansi anti-Tiongkok di kawasan.

    Dalam sebuah langkah yang juga dipastikan dapat membuat Tiongkok geram, AS telah menyambut kedatangan kepala pemerintahan Tibet ke Gedung Putih pada akhir pekan.

    Beijing menganggap Taipei sebagai bagian "tak terpisahkan" dari wilayah Negeri Tirai Bambu. Anggapan ini dilakukan meski Taiwan tidak dikendalikan Partai Komunis Tiongkok, dan sudah menjalankan pemerintahan secara terpisah sejak berakhirnya Perang Sipil Tiongkok pada 1949.

    Baca:  AS Sarankan Tiongkok Belajar Transparansi dari Taiwan

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id