comscore

Taliban Tangkap Kritikus Terkemuka di Kabul

Willy Haryono - 09 Januari 2022 20:06 WIB
Taliban Tangkap Kritikus Terkemuka di Kabul
Taliban kembali menguasai Afghanistan pada Agusus 2021. (AFP)
Kabul: Pemerintahan Afghanistan di bawah kendali kelompok Taliban mengonfirmasi bahwa seorang kritikus ternama telah ditahan di Kabul pada Sabtu malam. Kritikus yang dimaksud adalah Faizullah Jalal, seorang profesor hukum dan sains politik dari Kabul University.

Jalal adalah suami dari kandidat presiden perempuan pertama di Afghanistan, Dr Massouda Jalal, yang pernah menjadi menteri urusan perempuan di era mantan presiden Hamid Karzai.

 



Juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid mengatakan bahwa Prof Jalal dituding telah "menghasut warga terhadap negara dan bermain-main dengan kehormatan masyarakat." Ia membagikan tangkapan layar beberapa konten Prof Jalal di Twitter.

Pihak keluarga mengatakan bahwa Prof Jalal ditangkap di rumahnya dan dibawa ke sebuah lokasi tak dikenal. Mereka mengklaim bahwa akun Twitter yang diperlihatkan Taliban bukan milik Prof Jalal.

Selang beberapa waktu usai kabar penangkapan ini muncul di media, Hasina Jalal -- putri Prof Jalal -- mendesak sejumlah organisasi internasional untuk menyerukan pembebasan sang ayah.

Para aktivis lokal Afghanistan dan internasional telah mengekspresikan solidaritas terhadap Prof Jalal. Amnesty International mengutuk penangkapan tersebut, dan mengatakan bahwa taliban harus "segera membebaskannya tanpa syarat."

Horia Mosadiq, seorang aktivis HAM dan direktur eksekutif Conflict Analysis Network, mengatakan bahwa ProF Jalal selama ini hanya "mengutarakan kebenaran."

"Taliban terus menangkap, menahan, menyiksa dan membunuh warga Afghanistan yang berbeda pandangan," ungkap Mosadiq dalam sebuah tulisan.

Prof Jalal selama ini sering mengkritik jajaran elite Afghanistan dan mengumbarnya ke publik, bahkan sebelum Taliban merebut kekuasaan di negara tersebut pada Agustus tahun lalu.

Baca:  Taliban Bebaskan Direktur Stasiun Televisi Afghanistan

(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id