comscore

Korsel Laporkan 2 Kasus Pertama Dugaan Cacar Monyet

Marcheilla Ariesta - 22 Juni 2022 08:57 WIB
Korsel Laporkan 2 Kasus Pertama Dugaan Cacar Monyet
Korea Selatan laporkan dua kasus pertama diduga cacar monyet./AFP
Seoul: Korea Selatan (Korsel) melaporkan dua kasus diduga cacar monyet. Otoritas kesehatan melaporkan, salah satu kasus menunjukan gejala potensial saat memasuki negara itu lewat Bandara Internasional Incheon.

"Tes diagnostik sedang dilakukan pada kasus yang dicurigai," kata Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (KDCA), dikutip dari Straits Times, Rabu, 22 Juni 2022.
Meski demikian, Kementerian Kesehatan Korsel menolak mengomentari laporan tersebut.

Awal bulan ini, Korea Selatan menetapkan cacar monyet sebagai penyakit menular tingkat dua, berdasarkan sistem empat tingkatnya. Ada 22 penyakit menular yang dikategorikan di tingkat yang sama, termasuk covid-19, kolera, dan cacar air.

Di Eropa, Prancis mendeteksi 277 kasus cacar monyet pada Selasa kemarin. Ini termasuk kasus pertama perempuan tertular virus tersebut di negara itu.

Jumlah kasus meningkat tajam sejak angka terakhir sebanyak 183 kasus lima hari sebelumnya.  Tetapi tidak ada kematian di Prancis yang dikaitkan dengan cacar monyet.

Gejala awal cacar monyet yang normal adalah demam tinggi, pembengkakan kelenjar getah bening dan ruam seperti cacar air.

Baca juga: Singapura Konfirmasi Satu Kasus Cacar Monyet Berasal dari Warga Asing

Penyakit ini umumnya terbatas di Afrika Barat dan Tengah. Namun, virus saat ini dideteksi hadir di beberapa benua, termasuk kasus impor pertama di Singapura bulan ini.

Sejauh ini, wabah cacar monyet terbaru menyerang sekitar 40 negara, utamanya pada pria yang melakukan hubungan seks sesama jenis.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) akan mengadakan pertemuan darurat pada Kamis untuk menentukan klasifikasi wabah cacar monyet global sebagai darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional atau tidak.

Virus biasanya hilang setelah dua atau tiga minggu.

Sebagian besar kasus yang diidentifikasi di Prancis telah ditemukan di Paris dan sekitarnya, meskipun wabah yang lebih kecil telah terlihat di beberapa wilayah di seluruh negeri, termasuk Normandia di utara dan Cote d'Azur di selatan.

Kasus cacar monyet pertama di Prancis ditemukan pada 20 Mei, hari yang sama saat virus itu juga terdeteksi di negara tetangganya, Jerman.

(FJR)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id