comscore

Menutup Diri, Korut Atasi Covid-19 dengan Obat Tradisional

Marcheilla Ariesta - 16 Mei 2022 20:27 WIB
Menutup Diri, Korut Atasi Covid-19 dengan Obat Tradisional
Petugas kesehatan di Korut menggunakan baju hazmat./AFP
Pyongyang: Korea Utara (Korut) mengumumkan kasus perdana Covid-19 pekan lalu. Sejak awal pandemi, Korut merupakan satu dari sedikit negara yang menutup rapat perbatasan negara.

Karena menutup rapat-rapat perbatasan, Korut tidak bergabung dalam program berbagi vaksin Covid-19. Dan kini, Pyongyang harus memerangi ledakan wabah Covid-19 dengan modal obat antibiotik dan pengobatan tradisional.
Media pemerintah Korut sempat menyepelekan upaya vaksinasi Covid-19. Korut pernah mengatakan bahwa tidak ada obat yang mujarab bagi segala penyakit.

Saat ini Korut menyiarkan beragam cara yang dapat dilakukan warga untuk mencegah infeksi Covid-19. Media Korut menyarankan obat penghilang rasa sakit dan penurun demam seperti ibuprofen. Bahkan, media Korut juga menyinggung mengenai amoksilin dan obat antibiotik lainnya.

Ada juga rekomendasi agar warga berkumur dengan air garam dan meminum teh herbal. Seruan itu disampaikan meski tidak bisa secara efektif mengatasi ancaman infeksi Covid-19.

"Perawatan tradisional adalah yang terbaik!" kata seorang perempuan di media pemerintah Korut, dilansir dari AFP, Senin, 16 Mei 2022.

Baca juga: Presiden Baru Korsel Siap Bantu Korut Hadapi Krisis Covid-19

Ia mengatakan, anak-anaknya berkumur dengan air garam setiap pagi dan malam. Seorang lansia lain menambahkan, ia merasa terbantu oleh teh jahe dan ventilasi kamarnya.

"Awalnya, saya takut dengan Covid-19, tapi setelah mengikuti saran dokter dan mendapat perawatan tepat, ternyata itu bukan masalah besar," ujar lansia tersebut.

Korut memiliki sejarah dalam mengembangkan pengobatan tradisional, walau belum terbukti secara ilmiah. Mereka bahkan pernah mengembangkan suntikan dari ginseng.

Para ahli menyebutkan, Korut sebenarnya memiliki banyak dokter terlatih. Namun, sistem medisnya sangat kekurangan sumber daya.

(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id