comscore

Banjir Landa Bangladesh dan India, 57 Orang Tewas Jutaan Telantar

Willy Haryono - 22 Mei 2022 15:34 WIB
Banjir Landa Bangladesh dan India, 57 Orang Tewas Jutaan Telantar
Warga berjalan di tengah banjir di Sylhe, Bangladesh. (Mamun Hossain/AFP/Getty)
Dhaka: Hujan deras memicu banjir berskala luas di sebagian wilayah Bangladesh dan India, menewaskan setidaknya 57 orang dan membuat jutaan lainnya telantar. Di Bangladesh, sekitar 2 juta orang terkena dampak banjir, disebut-sebut sebagai yang terburuk dalam hampir dua dekade terakhir.

Setidaknya 100 desa di Zakiganj terendam banjir akibat luapan air 'kiriman' dari Sungai Barak di India.
"Sekitar dua juta orang terdampar akibat banjir sejauh ini," ucap Mosharraf Hossain, kepala administrator wilayah Sylhet, seperti dikutip dari The Guardian, Minggu, 22 Mei 2022.

Banyak area di Bangladesh dan beberapa wilayah tetangganya di India rentan terkena banjir. Sejumlah pakar memperingatkan bahwa perubahan iklim telah meningkatkan peluang terjadinya cuaca ekstrem di seluruh dunia.

Menurut keterangan otooritas manajemen bencana lokal India, puluhan korban bukan saja meninggal akibat banjir, tapi juga terkena dampak tanah longsor dan badai petir.

Di Assam, negara bagian India yang berbatasan dengan Bangladesh, setidaknya 14 orang dilaporkan tewas akibat banjir dan longsor.

Otoritas Assam mengatakan pada Sabtu kemarin bahwa lebih dari 850 ribu orang di sekitar 3 ribu desa telah terkena dampak banjir yang dipicu guyuran hujan deras.

Hampir 90 ribu orang telah dievakuasi ke beberapa tempat penampungan seiring semakin meningkatnya ketinggian banjir di sejumlah wilayah Assam.

Sementara itu pada Kamis kemarin, setidaknya 33 orang tewas akibat terkena dampak badai petir di negara bagian Bihar. Tidak hanya banjir, Bihar juga dilanda gelombang panas yang membuat temperatur udara sempat mencapai 40 derajat Celcius.

Baca:  33 Orang Tewas dalam Terjangan Badai di Bihar India

(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id