comscore

Militer Jepang dan AS Bersama Susun Rencana Darurat Taiwan

Medcom - 24 Desember 2021 14:07 WIB
Militer Jepang dan AS Bersama Susun Rencana Darurat Taiwan
Jet intai Amerika Serikat (AS) dalam sebuah patroli. Foto: AFP
Tokyo: Kantor berita Kyodo melaporkan pada Kamis, 23 Desember 2021, angkatan bersenjata Jepang dan Amerika Serikat (AS) telah menyusun rancangan rencana operasi gabungan untuk kemungkinan keadaan darurat Taiwan. Rencana ini disusun di tengah meningkatnya ketegangan antara Taiwan dan Tiongkok.

Tiongkok mengklaim Taiwan yang diperintah secara demokratis sebagai wilayah “suci” sebagai miliknya. Dalam dua tahun terakhir, Tiongkok telah meningkatkan tekanan militer dan diplomatik untuk menegaskan klaim kedaulatan tersebut, memicu kemarahan di Taiwan dan keprihatinan mendalam di AS.
Dilansir dari WA Today, Jumat, 24 Desember 2021, pemerintah Taiwan mengatakan menginginkan perdamaian, namun akan membela diri jika diperlukan. 

Berdasarkan rencana tersebut, Korps Marinir AS diketahui akan mendirikan pangkalan sementara di rantai pulau Nansei yang membentang dari Kyushu. Wilayah tersebut salah satu dari empat pulau utama Jepang, hingga Taiwan, pada tahap awal keadaan darurat Taiwan dan akan mengerahkan pasukan.

Menurut Kyodo, angkatan bersenjata Jepang akan memberikan dukungan logistik di berbagai bidang seperti amunisi dan pasokan bahan bakar.

Jepang yang mantan penguasa kolonial Taiwan, dan AS kemungkinan akan mencapai kesepakatan untuk mulai merumuskan rencana resmi pada pertemuan menteri luar negeri dan pertahanan “2+2” awal tahun depan. Pejabat kementerian pertahanan Jepang pun tidak segera tersedia untuk dimintai komentar.

Pada Oktober, pemerintah Jepang disebut mengisyaratkan posisi yang lebih tegas terkait sikap agresif Tiongkok terhadap Taiwan yang memiliki pemerintahan sendiri. Mereka menyarankan untuk mempertimbangkan opsi dan mempersiapkan “berbagai skenario”, sambil menegaskan kembali hubungan dekat AS. (Nadia Ayu Soraya)

(FJR)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id