Jacinda Ardern Menang Telak dalam Pemilu Selandia Baru

    Willy Haryono - 18 Oktober 2020 07:33 WIB
    Jacinda Ardern Menang Telak dalam Pemilu Selandia Baru
    PM Selandia Baru Jacinda Ardern. (MICHAEL BRADLEY/AFP/Getty)
    Wellington: Perdana Menteri Jacinda Ardern menang telak dalam pemilihan umum Selandia Baru pada Sabtu, 17 Oktober 2020. Dengan semua suara yang telah dihitung, Partai Buruh di bawah PM Ardern meraih 49,1 persen suara, sementara Partai Nasional dari kubu oposisi hanya 26,8 persen.

    Lewat raihan suara yang nyaris mencapai 50 persen, partai PM Ardern meraih mayoritas parlemen Selandia Baru dengan 64 kursi.

    Pemilu Selandia Baru dijadwalkan berlangsung September lalu, namun terpaksa ditunda satu bulan bulan karena kembali mewabahnya virus korona (covid-19). Menjelang pemilu, lebih dari satu juta warga Selandia Baru sudah menggunakan suara mereka secara dini sejak 3 Oktober.

    Warga Selandia Baru juga diminta menggunakan suara dalam dua referendum yang berbarengan dengan pemilu.

    Komisi Elektoral Selandia Baru mencatat 8 persen suara untuk partai ACT (10 kursi), 7,6 persen untuk Greens (10 kursi), Partai Maori 1 persen (1 kursi), dan lainnya 7,7 persen (0 kursi).

    "Selandia Baru telah memberikan dukungan terkuatnya kepada Partai Buruh. Kami tidak akan menyia-nyiakan dukungan ini," kata PM Ardern, dikutip dari laman BBC.

    "Saya berjanji, kami akan menjadi partai yang mewakili semua warga Selandia Baru," sambungnya.

    Sementara itu, pemimpin Partai Nasional (NAT) Judith Collins mengucapkan selamat kepada PM Ardern atas kemenangannya. Namun ia berjanji akan menjadi "oposisi kuat" terhadap pemerintahan PM Ardern.

    "Tiga tahun akan berlalu dengan cepat," tutur Collins, merujuk pada pemilu berikutnya di tahun 2023. "Kami akan kembali," lanjutnya.

    Selama ini belum pernah ada satu partai pun di Selandia Baru yang meraih mayoritas parlemen sejak pemberlakukan sistem Mixed Member Proportional (MMP) di negara tersebut pada 1996.

    Menyebut pemilihan kali ini sebagai "pemilu covid-19," PM Ardern bertekad untuk menerapkan lebih banyak kebijakan ramah iklim, meningkatkan pendanaan untuk sekolah, dan juga pajak bagi mereka yang berpenghasilan tinggi.

    (WIL)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id