comscore

Australia Tegaskan Dukung Konsep Indo-Pasifik

Marcheilla Ariesta - 20 November 2020 19:58 WIB
Australia Tegaskan Dukung Konsep Indo-Pasifik
Menlu Australia, Marise Payne. Foto: GTH2020.
Jakarta: ASEAN mengusulkan konsep Indo-Pasifik ke negara-negara mitra di kawasan Asia dan Pasifik. Konsep ini rupanya didukung oleh Australia.

"Australia saat ini berfokus dan mendukung perdamaian, inklusif, kedaulatan, dan memajukan Indo-Pasifik," kata Menteri Luar Negeri Australia, Marise Payne dalam forum Global Town Hall, Jumat, 20 November 2020.
Payne mengatakan dalam KTT ASEAN yang digelar pekan lalu, Perdana Menteri Australia, Scott Morrison berkomitmen atas konsep Indo-Pasifik ini. Australia, kata Payne, mendukung pemulihan dan ketahanan ekonomi di kawasan Asia Pasifik.

"Karena kepentingan kawasan adalah kepentingan Australia," imbuhnya.

Ia menambahkan juga mendukung Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP) untuk pemulihan ekonomi kawasan. Ia mengatakan sebagai respons dalam menghadapi pandemi virus korona (covid-19), harus saling bekerja sama dan mendukung satu sama lain.

"Karena kemitraan dan persahabatan ini menumbuhkan kepercayaan, terutama dalam menghadapi tantangan dunia. Terlebih saat ini ada pandemi covid-19 yang menjadi tantangan kita bersama," ujarnya.

Dalam KTT ASEAN-Australia pekan lalu, negara-negara ASEAN menganggap perlu memperkuat komitmen untuk meningkatkan perjanjian perdagangan bebas antara ASEAN-Australia-Selandia Baru. Kerja sama ini melalui peningkatan lalu lintas barang, penguatan rantai pasokan global, pengembangan kerja sama industri 4.0 dan ekonomi digital, serta peningkatan interaksi antara pelaku usaha ASEAN dan Australia.

Langkah ini sebagai awal untuk memulihkan ekonomi yang terpuruk akibat pandemi covid-19.

(FJR)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id