Antisipasi Tiongkok, Taiwan Kembangkan Kapal Selam Terbaru

    Marcheilla Ariesta - 24 November 2020 16:02 WIB
    Antisipasi Tiongkok, Taiwan Kembangkan Kapal Selam Terbaru
    Dua kapal selam buatan Belanda berada di perairan Taiwan, (AFP/Sam Yeh)
    Kaohsiung: Presiden Taiwan Tsai Ing-wen berjanji untuk mempertahankan kedaulatan pulau demokratis tersebut. Salah satu upaya pertahanan itu adalah dengan mengembangkan armada kapal selam terbaru buatan dalam negeri.

    Kapal selam ini merupakan proyek utama Taiwan yang didukung Amerika Serikat dalam melawan pengaruh Tiongkok. Tsai mengatakan bahwa pengembangan kapal selam ini merupakan tonggak bersejarah dalam kemampuan pertahanan Taiwan.

    "Pengembangan (kapal selam) menunjukkan kepada dunia keinginan kuat Taiwan untuk melindungi kedaulatan," ucap Tsai dalam suatu acara, dilansir dari Channel News Asia, Selasa, 24 November 2020.

    "Kapal selam adalah peralatan penting untuk meningkatkan kemampuan tempur asimetris Angkatan Laut Taiwan, dan demi mencegah kapal musuh mengepung Taiwan," imbuhnya.

    Taiwan, yang diklaim Tiongkok sebagai wilayahnya sendiri, selama bertahun-tahun berusaha keras meningkatkan kekuatan armada kapal selamnya. Beberapa kapal selam Taiwan berasal dari Perang Dunia II, termasuk yang mampu meluncurkan senjata nuklir.

    Namun tentu saja, armada kapal selam Tiongkok belum sebanding dengan Tiongkok yang dilengkapi berbagai teknologi mutakhir.

    Pemerintah AS pada 2018 memberikan lampu hijau bagi produsen untuk berpartisipasi dalam program pengembangan kapal selam di Taiwan. Langkah ini dianggap membantu Taiwan dalam mengamankan komponen-komponen utama dalam pembuatan kapal selam.

    CSBC Corporation Taiwan, perusahaan yang didukung otoritas Taiwan, berencana menyuguhkan kapal selam pertama dari delapan proyek yang direncanakan selesai pada 2025. Kehadiran kapal selam ini merupakan dorongan besar terhadap modernisasi militer dan rencana swasembada Taiwan.

    Sementara itu pada Juni lalu, Tsai mengawasi uji terbang publik pertama dari pesawat jet tempur canggih baru buatan dalam negeri.

    Pengawasan uji terbang jet tersebut dilakukan saat Tiongkok meningkatkan aktivitas militer mereka di dekat Taiwan, terkadang dengan menerbangkan pesawat melintasi garis median penyangga di sekitar Selat Taiwan.

    Baca:  Presiden Taiwan Puji Pilot yang Menghalau Jet Tiongkok

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id