Angka Covid-19 Melonjak, Aktivis Jepang Tuntut Olimpiade Dihentikan

    Fajar Nugraha - 02 Agustus 2021 16:55 WIB
    Angka Covid-19 Melonjak, Aktivis Jepang Tuntut Olimpiade Dihentikan
    Pedemo anti-Olimpiade Tokyo menuntut agar ajang olahraga itu dihentikan. Foto: AFP



    Tokyo: Kai Koyama berdiri di luar Stadion Olimpiade Tokyo saat kembang api meledak di atas kepala selama upacara pembukaan. Tetapi tidak seperti banyak orang di sekitarnya, dia tidak bersorak, tetapi memprotes.

    Selama berbulan-bulan, jajak pendapat menunjukkan penentangan yang kuat terhadap Olimpiade di Jepang. Khususnya ketika kasus virus korona melonjak dan program vaksin negara itu dimulai dengan lamban.

     



    Namun sejak upacara pembukaan, sentimen tampaknya telah melunak.

    Lebih dari separuh penduduk kota menyaksikan ekstravaganza pembukaan di TV dan antrean panjang telah terbentuk di Stadion Olimpiade saat orang-orang menunggu untuk difoto dengan cincin Olimpiade.

    Atlet Jepang telah memenangkan rekor jumlah medali emas dan toko-toko yang menjual merchandise Olimpiade melaporkan lonjakan penjualan.

    Tak satu pun dari itu menggoyahkan Koyama dan lawan lama lainnya dari Olimpiade, yang terus menggelar demonstrasi, bahkan jika mereka cenderung menarik hanya beberapa lusin orang.

    "Nyawa lebih penting daripada medali!" teriak para demonstran di luar kantor Perdana Menteri Yoshihide Suga di Tokyo pada suatu malam baru-baru ini.

    Koyama termasuk di antara mereka, mendesak Suga untuk membatalkan Olimpiade dan fokus pada lonjakan kasus covid-19 terbaru di Jepang, yang telah membuat Tokyo dan wilayah lain dalam keadaan darurat.

    "Saya sangat marah. Kami berada dalam situasi darurat. Orang-orang sekarat setiap hari, tetapi Olimpiade masih berlangsung,” kata pelukis berusia 40-an itu kepada AFP, Senin 2 Agustus 2021.

    Ancaman virus korona

    Olimpiade Tokyo 2020 diadakan di bawah aturan antivirus yang ketat, dengan penonton dilarang dari sebagian besar tempat kompetisi.



    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id