Taiwan Mampu Bantu Sistem Kesehatan Global Lawan Covid-19

    Marcheilla Ariesta - 03 Mei 2021 19:51 WIB
    Taiwan Mampu Bantu Sistem Kesehatan Global Lawan Covid-19
    Taiwan mampu bantu dunia bebas pandemi covid-19. Foto: AFP.



    Taipei: Menteri Kesehatan dan Kesejahteraan Taiwan, Shih-chung Chen menyatakan Taiwan memiliki pengalaman sukses melawan pandemi virus korona (covid-19). Ia menyebutkan kemampuan Taiwan bisa membantu membangun sistem kesehatan global yang lebih tangguh.

    Karena itu, dia menambahkan Taipei juga harus diikutsertakan sepenuhnya dalam berbagai pertemuan, mekanisme dan kegiatan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Karenanya, Chen meminta Indonesia dan negara lain mendukung penuh partisipasi Taiwan di WHO.






    Menurutnya, Taiwan pernah diprediksi sebagai salah satu negara yang paling parah terkena dampak pandemi karena memiliki kedekatan geografis dengan Tiongkok.

    "Namun, karena Taiwan memiliki pengalaman dalam memerangi SARS pada 2003, sehingga tidak mengabaikan berbagai peringatan yang diterima sejak awal," kata Kantor Dagang dan Ekonomi Taiwan (TETO) di Indonesia dalam pernyataan, Senin, 3 Mei 2021.

    Karenanya, sejak 31 Desember 2019, Taiwan sepenuhnya memanfaatkan informasi untuk memperkuat pengawasan terhadap kemungkinan pandemi. Taipei, kata mereka, secara aktif cepat mengadopsi berbagai tindakan pencegahan pandemi.

    Chen menuturkan kepercayaan dan kerja sama rakyat Taiwan kepada pemerintah menjadi faktor utama keberhasilan mereka dalam menekan pandemi. Ia menegaskan pemerintah Taiwan telah berupaya keras untuk memenuhi hak masyarakat mendapatkan informasi mengenai pandemi, namun tetap menjaga privasi dan kebebasan pribadi.

    Baca juga: Taiwan Bantu Paraguay untuk Dapatkan Vaksin Covid-19

    Pemerintah, sambung Chen, juga memberikan perlindungan prioritas kepada komunitas yang kurang beruntung, termasuk para pekerja migran. Menurutnya, pemerintah Taiwan menentang pelanggaran hak rakyat dan tidak pernah membatasi kebebasan berekspresi.

    Selain itu, mereka mengatakan dampak ekonomi covid-19 di Taiwan relatif kecil. 

    "Pandemi covid-19 sekali lagi membuktikan bahwa Taiwan tidak boleh dikesampingkan dalam jaringan kesehatan global, dan kenyataannya sistem pencegahan Taiwan ini dapat mengekang penyebaran pandemi penyakit menular," seru Chen.

    Hingga 22 April 2021, Taiwan hanya memiliki 1.086 kasus terkonfirmasi, termasuk 11 kematian. Kini, masyarakan Taiwan sudah dapat melakukan pekerjaan secara normal.

    "Taiwan telah mencetak rekor tidak ada kasus lokal selama 253 hari berturut-turut dari April hingga Desember 2020," imbuh mereka.

    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id