Korut Nilai Tawaran Diplomasi Praktis AS 'Palsu'

    Willy Haryono - 02 Mei 2021 11:45 WIB
    Korut Nilai Tawaran Diplomasi Praktis AS 'Palsu'
    Bendera Korea Utara berkibar di salah satu gedung kedutaan besar. (AFP)



    Pyongyang: Korea Utara (Korut) melabeli tawaran diplomasi praktis dari Amerika Serikat sebagai sesuatu yang "palsu" dan tidak tulus. Menurut Korut, tawaran tersebut hanyalah akal-akalan AS.

    "Diplomasi adalah spanduk palsu yang digunakan AS untuk menutupi aksi-aksi bermusuhan mereka," ucap Kementerian Luar Negeri Korut dalam laporan yang dimuat di kantor berita Korean Central News Agency (KCNA) pada Minggu, 2 Mei 2021.






    Kemenlu Korut juga mengecam Presiden AS Joe Biden yang beberapa hari lalu mengatakan bahwa program senjata nuklir Korut merupakan sebuah ancaman. Pyongyang menilai pandangan semacam itu merupakan "blunder besar" dan "ketinggalan zaman."

    Dalam pernyataan terpisah, Kemenlu Korut menuduh Biden telah menghina pemimpin Kim Jong-un. "Kami sudah memperingatkan AS bahwa mereka akan merasakan sakit jika berani memprovokasi kami," ungkapnya.

    Rabu kemarin, Biden mengatakan bahwa AS akan menggunakan "diplomasi dan juga langkah tegas" dalam meredam ambisi nuklir Korut.

    Selang beberapa hari pada Jumat kemarin, juru bicara Gedung Putih Jen Psaki mengatakan bahwa kajian AS mengenai isu Korut telah selesai.

    Salah satu poin dalam kajian tersebut adalah, AS tidak akan fokus mengejar "perjanjian besar," namun tetap terbuka terhadap "diplomasi praktis dengan Korut.

    Baca:  AS Terbuka terhadap Diplomasi Praktis dengan Korea Utara

    Psaki juga mengatakan bahwa Biden tidak akan mengadopsi gaya Donald Trump maupun Barack Obama dalam menghadapi Korut.

    Di era Trump, AS melakukan beberapa pertemuan langsung dengan pemimpin Korut Kim Jong-un, namun tidak membuahkan hasil berarti. Sementara saat pemerintahan Obama, AS cenderung "bersabar" dan tidak melakukan langkah drastis terhadap program misil maupun senjata nuklir Pyongyang.

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id