comscore

PM Hingga Kepala Polisi Minta Maaf Atas Serangan di Masjid Selandia Baru

Fajar Nugraha - 08 Desember 2020 15:22 WIB
PM Hingga Kepala Polisi Minta Maaf Atas Serangan di Masjid Selandia Baru
Perdana Menteri Selandia Jacinda Ardern minta maaf atas serangan masjid di Christchurch. Foto: AFP
Wellington: Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern meminta maaf atas tragedi penembakan di Masjid Christchurch pada 2019 lalu. Permintaan maaf juga muncul dari Kepala Polisi Selandia Baru Andrew Coster.

Permintaan maaf dilayangkan setelah dikeluarkan laporan setebal 800 halaman mengenai kejadian tersebut. Laporan itu menyebutkan bahwa ada kegagalan di badan keamanan.
Laporan itu menemukan agen keamanan memiliki "konsentrasi yang tidak tepat" dari sumber daya dan ada "pengawasan yang tidak proporsional" terhadap Muslim.

“Laporan tersebut secara khusus mencatat bahwa sebelum 2018, konsentrasi sumber daya tidak didasarkan pada penilaian informasi tentang ancaman terorisme yang terkait dengan ideologi lain,” kata Ardern, seperti dikutip Sky News, Selasa 8 Desember 2020.

Ardern juga mencatat laporan itu mengatakan sistem alokasi sumber daya yang lebih baik tidak akan mencegah serangan itu.

"Meskipun demikian, ini adalah kegagalan, dan untuk itu, atas nama pemerintah, saya minta maaf,” ucap PM Adern.

"Komisi (keamanan) tidak membuat temuan bahwa masalah-masalah ini akan menghentikan serangan itu. Tetapi keduanya tetap gagal dan untuk itu saya minta maaf,” imbuh Ardern.

Lebih lanjut Ardern mengatakan, ke depan, pihaknya perlu memastikan fokus yang memadai dari sumber daya pada berbagai ancaman yang dihadapi Selandia Baru dan meningkatkan keamanan serta kemampuan intelijen dan kerja kohesi sosial.

“Permintaan maaf akan hampa tanpa tindakan,” tegas Ardern.

Sementara Kepala Polisi Andrew Costers mengatakan, seharusnya pihaknya bisa berbuat lebih banyak. "Kami bisa berbuat lebih banyak. Kami tanpa pamrih meminta maaf,” ujar Costers.







Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id