Pembangunan Dunia Usai Pandemi Jadi Fokus Kegiatan Global Town Hall 2020

    Marcheilla Ariesta - 19 November 2020 20:28 WIB
    Pembangunan Dunia Usai Pandemi Jadi Fokus Kegiatan Global Town Hall 2020
    Pendiri Foreign Policy Community Indonesia (FPCI), Dino Patti Djalal membuka CIFP 2019 di Jakarta. Foto: Medcom.id/Marcheilla Ariesta.
    Jakarta: Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI) kembali menggelar konferensi kebijakan luar negeri terbesar dalam kegiatan Global Town Hall pada 20 November 2020. Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan turut memberikan sambutan.

    Pendiri FPCI, Dino Patti Djalal mengatakan kegiatan ini akan mengambil tema "Rebuilding from the Covid-19 World". tujuan kegiatan ini adalah membahas keadaan dunia yang dilanda pandemi virus korona (covid-19).

    Dino menuturkan, FPCI bekerja sama dengan 18 think tank dari berbagai negara untuk menyelenggarakan kegiatan ini. Selain itu, beberapa menteri luar negeri juga akan hadir dalam kegiatan yang digelar secara virtual ini, diantaranya Menlu Retno Marsudi, Menlu Tiongkok Wang Yi, Menlu Australia Marise Payne, dan berbagai tokoh lainnya.

    "Tiap tahun FPCI selalu menyelenggarakan Foreign Policy secara fisik. Namun tak bisa dilakukan tahun ini, dan hanya dilakukan secara virtual. Konsep juga diubah dan berkolaborasi dengan 18 think tank," ujar Dino dalam jumpa pers virtual, Kamis, 19 November 2020.

    "Sebuah diskusi marathon 15 jam dalam sejumlah tema. Membahas trend utama di dunia, termasuk Corona COVID-19," jelasnya.

    Menurutnya, berbagai pembahasan mengenai pandemi dan setelah pandemi akan dibahas dalam kegiatan ini. Ia berharap acara ini dapat membantu para pemangku kebijakan untuk membuat keputusan di tengah pandemi.

    "Ini bukan soal kesehatan publik saja tapi hubungan antar negara. Kita juga akan bahas riset geopolitik hubungan negara besar serta kawasan. Apakah akan berubah atau tidak," seru Dino.

    "Ada diskusi vaksin. Apakah hanya fantasi atau yang benar akan dilakukan. Resesi ekonomi, perubahan iklim," jelasnya.

    Saat ini, sudah lebih dari 7.500 orang mendaftar dalam kegiatan ini. Ia memprediksi angka tersebut akan bertambah di hari pelaksanaan kegiatan Global Town Hall 2020.

    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id