comscore

Perempuan Afghanistan Berunjuk Rasa Menuntut Pendidikan dan Pekerjaan

Willy Haryono - 29 Mei 2022 19:09 WIB
Perempuan Afghanistan Berunjuk Rasa Menuntut Pendidikan dan Pekerjaan
Sekelompok perempuan Afghanistan berunjuk rasa menentang aturan wajib memakai penutup wajah di Kabul, 10 Mei 2022. (Wakil KOHSAR / AFP)
Kabul: Puluhan perempuan Afghanistan di ibu kota Kabul berunjuk rasa menuntut hak pendidikan dan pekerjaan pada Minggu, 29 Mei 2022. Mereka mengecam berbagai pembatasan yang diberlakukan pemerintah Afghanistan di bawah pimpinan kelompok Taliban.

Sejak berkuasa kembali di Afghanistan pada Agustus 2021, Taliban 'memundurkan' kembali hak-hak perempuan Afghanistan yang didapat selama dua dekade terakhir.
"Pendidikan adalah hak saya. Buka kembali sekolah!" teriak para demonstran, dikutip dari Al Arabiya News. Banyak dari mereka memakai penutup wajah saat berunjuk rasa di depan gedung kementerian pendidikan.

Para pedemo berjalan beberapa ratus meter dari gedung kementerian, dan aksi protes berakhir setelah Taliban mengerahkan petugas berpakaian sipil ke jalan.

"Kami ingin membacakan sebuah deklarasi, tapi Taliban tidak membolehkkannya," ucap seorang pengunjuk rasa bernama Zholia Parsi.

"Mereka mengambil telepon genggam beberapa perempuan, dan juga mencegah kami dalam mengambil gambar atau video aksi unjuk rasa," sambungnya.

Setelah berkuasa kembali di Afghanistan, Taliban berjanji akan menjadi kelompok yang lebih moderat dari sebelumnya. Namun saat ini Taliban telah banyak memberlakukan aturan keras, terutama terkait hak-hak perempuan.

Puluhan ribu anak perempuan di Afghanistan kini belum bisa memasuki sekolah menengah, dan banyak juga wanita yang tidak dapat menjalankan pekerjaan mereka di kantor-kantor pemerintahan.

Perempuan di Afghanistan juga dilarang bepergian seorang diri, dan hanya bisa mengunjungi tempat-tempat publik seperti taman di hari yang berbeda dengan pria.

Bulan ini, pemimpin agung Taliban Hibatullah Akhundzada mengatakan bahwa perempuan secara umum sebaiknya tetap tinggal di dalam rumah. Jika harus keluar, mereka diwajibkan untuk menutupi seluruh badan sepenuhnya, termasuk di bagian wajah.

Baca:  Dipaksa Taliban, Presenter Perempuan Afghanistan Tutupi Wajah Saat Siaran

(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id