Korsel Laporkan Satu Kasus Antibodi dari 3.000 Pengujian Covid-19

    Marcheilla Ariesta - 09 Juli 2020 20:59 WIB
    Korsel Laporkan Satu Kasus Antibodi dari 3.000 Pengujian Covid-19
    Pemerintah Korsel lakukan uji coba antibodi meluas di seluruh negara. Foto: AFP.
    Seoul: Survey di Korea Selatan menunjukkan hanya satu dari 3.000 orang yang menunjukkan antibodi penawar virus korona (covid-19). Ini mengindikasikan virus belum menyebar luas di masyarakat.

    "Hasilnya menunjukkan bahwa setiap warga negara mengambil partisipasi aktif dalam menjaga jarak sosial," kata Wakil Direktur Pusat Penyakit dan Pencegahan Korea (KCDC), Kwon Jun-wook, dilansir dari Channel News Asia, Kamis, 9 Juli 2020.

    Di awal penyebaran wabah, Korsel merupakan salah satu negara dengan wabah covid-19 paling serius di luar Tiongkok. Mereka memiliki 13.293 kasus dan 287 kasus kematian. Mereka juga mendapat pujian karena berhasil menangani pandemi tanpa melakukan penguncian (lockdown) total.

    Negeri Ginseng hanya menerapkan pengujian luas dan melakukan jarak sosial yang ketat. Tes yang dilakukan adalah tes antibodi atau serologi yang menunjukkan jika seseorang terpapar virus.

    Dari 1.555 orang yang dites secara nasional pada 21 April dan 19 Juni, tidak ada yang menunjukkan antibodi terhadap virus ini. Namun, satu orang ditemukan dengan antibodi penawar dari sampel lain setelah pengujian kepada 1.500 orang pada akhir Mei di ibu kota, Seoul.

    Pengujian serupa juga dilakukan di Jepang, Inggris dan Spanyol.

    KCDC berencana untuk memperluas pengujian terhadap 3.300 orang setiap dua bulan. Pengujian juga akan dilakukan di daerah-daerah yang menjadi pusat infeksi di Korsel, seperti kota Daegu.

    Terlepas dari keberhasilannya, Korsel kini tengah berjuang melawan gelombang infeksi baru. Pada Rabu kemarin, KCDC melaporkan ada 50 kasus baru di ibu kota.



    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id