Muncul di Pertemuan Politbiro, Kim Jong-un Utamakan Kemandirian Ekonomi

    Fajar Nugraha - 08 Juni 2020 06:25 WIB
    Muncul di Pertemuan Politbiro, Kim Jong-un Utamakan Kemandirian Ekonomi
    Kim Jong-un tekankan kemandirian ekonomi Korea Utara. Foto: AFP
    Pyongyang: Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un menghadiri pertemuan politbiro dari Partai Buruh yang berkuasa di negara itu. Kemandirian ekonomi menjadi fokus perhatian Kim Jong-un.

    “Pertemuan politbiro ini merupakan tempat proyek-proyek ekonomi termasuk industri kimia dibahas,” kata kantor berita Korut KCNA.

    Pertemuan dua hari itu terjadi pada saat ketidakpastian ekonomi di tengah pandemi global covid-19 yang memberikan tekanan tambahan pada ekonomi Korea Utara. Perekonomian Korut sudah terpukul oleh sanksi internasional yang bertujuan menghentikan program nuklirnya.

    “Pertemuan tersebut membahas masalah-masalah penting yang timbul dalam pengembangan lebih lanjut dari kemandirian ekonomi negara dan meningkatkan standar kehidupan masyarakat," imbuh KCNA, seperti dikutip AFP, Senin 8 Juni 2020.

    “Pertemuan biro politik ke-13 berulang kali menekankan bahwa industri kimia adalah pendorong utama perekonomian nasional. Pemimpin Kim menekankan perlunya memberikan prioritas utama untuk meningkatkan kapasitas untuk memproduksi pupuk,” sebut KCNA, mengutip Kim Jong-un.

    Setelah berminggu-minggu spekulasi kuat tentang kesehatannya,KCNA melaporkan Kim menghadiri pembukaan pabrik pupuk pada 1 Mei. Pertemuan itu juga menekankan pembangunan rumah-rumah hunian sebagai cara untuk meningkatkan standar hidup Korea Utara.

    "Menunjuk secara rinci masalah yang harus segera diselesaikan untuk memastikan kondisi kehidupan warga di kota, Pemimpin Tertinggi (Kim Jong-un) menekankan untuk mengambil langkah-langkah negara yang kuat untuk memastikan kondisi kehidupan masyarakat termasuk pembangunan rumah tinggal," KCNA melaporkan.

    Kim telah melakukan sejumlah kecil kunjungan luar biasa dalam beberapa bulan terakhir, dengan ketidakhadirannya dari liburan besar memicu spekulasi tentang kondisinya, karena Pyongyang telah meningkatkan langkah-langkah terhadap pandemi covid-19.

    Sementara Korea Utara mengatakan tidak memiliki kasus yang dikonfirmasi tentang virus korona. Badan intelijen utama Korea Selatan mengatakan wabah di sana tidak dapat dikesampingkan.


    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id