Topan Haishen Bawa Hujan Deras dan Angin Kencang ke Jepang

    Willy Haryono - 06 September 2020 16:03 WIB
    Topan Haishen Bawa Hujan Deras dan Angin Kencang ke Jepang
    Gelombang tinggi menghantam area pesisir kota Kagoshima di Kyushu, Jepang. (Foto: AFP)
    Tokyo: Sebuah topan kuat terus bergerak menuju Jepang pada hari ini, Minggu 6 September 2020, dengan membawa hujan deras dan angin kencang. Otoritas Jepang memperingatkan bahwa topan ini mampu menumbangkan tiang listrik dan juga merusak sejumlah kendaraan bermotor.

    Topan Haishen, dikategorikan sebagai badai "besar" dan "sangat kuat," diperkirakan bergerak di sepanjang wilayah Amami dekat Kyushu yang memisahkan Samudra Pasifik dan Laut China Timur pada petang hari.

    Pada pukul 08.00 waktu setempat, Haishen berada sekitar 150 kilometer dari wilayah tenggara pulau Amami Oshima. Kecepatan putaran angin Haishen saat itu mencapai 252 kilometer per jam.

    Haishen diperkirakan bergerak ke arah utara, dan melanda area sepanjang pesisir barat Kyushu dari Minggu malam hingga Senin pagi. Dari Jepang, Haishen kemungkinan akan tiba di Korea Selatan.

    Lebih dari 200 ribu warga Kyushu sudah diperingatkan untuk mengungsi ke tempat aman. Sebagian warga memilih berlindung di hotel-hotel lokal karena khawatir tertular virus korona (covid-19) jika berdiam di lokasi penampungan pemerintah.

    Menurut laporan kantor berita NHK, Haishen telah memicu pembatalan 528 penerbangan di Jepang. Haishen juga memaksa penjaga pantai Jepang dalam misi pencarian kru dari kapal kargo yang tenggelam akibat badai terpisah.

    Kapal kargo Gulf Livestock 1, yang membawa 6.000 sapi dengan 43 kru, mengeluarkan sinyal darurat pada Rabu kemarin di dekat Amami Oshima. Topan Maysak membuat kapal tersebut tenggelam.

    Menurut keterangan seorang petugas penjaga pantai, beberapa kapal patroli akan disiagakan untuk melanjutkan pencarian begitu Haishen meninggalkan wilayah Jepang.

    (WIL)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id