comscore

23 Kru Kapal Australia Pembawa Bantuan untuk Tonga Positif Covid-19

Marcheilla Ariesta - 25 Januari 2022 13:04 WIB
23 Kru Kapal Australia Pembawa Bantuan untuk Tonga Positif Covid-19
Kapal HMAS Adelaide milik Angkatan Laut Australia. (SAEED KHAN / AFP)
Canberra: Sebanyak 23 pelaut di kapal militer Australia yang akan mengirimkan bantuan kemanusiaan ke Tonga dinyatakan positif Covid-19. Hal ini meningkatkan kekhawatiran Tonga terhadap risiko penyebaran Covid-19 dari negara-negara pemberi bantuan.

Sejak awal pandemi hingga kini, Tonga adalah satu dari sedikit negara yang tidak terkena dampak buruk Covid-19. Jumlah kasusnya sejauh ini hanya satu. Sekitar 61 persen warga Tonga juga sudah menerima dua dosis vaksin Covid-19.
Menteri Pertahanan Australia Peter Dutton mengatakan, pemerintahnya akan bekerja sama dengan otoritas Tonga untuk menjaga kapal tersebut tetap di laut demi memastikan tidak ada potensi penularan Covid-19 terhadap 105 ribu penduduk Tonga.

Otoritas Australia mengatakan 23 orang yang terinfeksi Covid-19 itu adalah kru kapal HMAS Adelaide.

"Mereka (Tonga) sangat membutuhkan bantuan, tapi mereka tidak menginginkan risiko penularan Covid-19. Kami akan menangani masalah ini secepat yang kami bisa," tutur Dutton, dilansir dari New Zealand Herald, Selasa, 25 Januari 2022.

Pengiriman bantuan ini merupakan kali kedua dilakukan Australia ke Tonga, negara pulau yang dilanda erupsi gunung berapi bawah laut serta gelombang tsunami hampir dua pekan lalu. Sebelumnya, sebuah pesawat angkut militer C-17 Globemaster milik Australia tujuan Tonga berbalik arah di tengah penerbangan karena salah satu orang di dalamnya positif Covid-19.

Selain Australia, Selandia Baru juga memberikan bantuan kepada Tonga. Saat ini, Tonga membutuhkan banyak bantuan darurat, terutama air bersih karena banyak pasokan air mereka telah tercemar abu vulkanik.

Baca:  Bantuan Kemanusiaan Internasional Mulai Tiba di Tonga

(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id