Perdana Sejak Januari, Tiongkok Catat Nol Kasus Covid-19

    Willy Haryono - 23 Mei 2020 14:15 WIB
    Perdana Sejak Januari, Tiongkok Catat Nol Kasus Covid-19
    Warga mengenakan masker saat beraktivitas di Beijing, Tiongkok. (Foto: AFP)
    Beijing: Tiongkok mencatat nol kasus baru virus korona (covid-19) hingga penghujung Jumat kemarin, 22 Mei. Ini merupakan kali pertama Tiongkok tidak menerima tambahan infeksi baru covid-19 sejak negara tersebut mulai melaporkan data-data seputar virus tersebut pada Januari lalu.

    Dikutip dari Al Jazeera, Sabtu 23 Mei 2020, rekor nol kasus baru terjadi satu hari usai para pemimpin Partai Komunis Tiongkok merayakan "pencapaian besar" dalam perang melawan covid-19.

    Meski tidak ada kasus terkonfirmasi covid-19 dalam 24 jam terakhir, Komisi Kesehatan Nasional Tiongkok melaporkan dua kasus dugaan: satu jenis impor di Shanghai dan satu lokal di Jilin.

    Tiongkok mengalami penurunan drastis jumlah kasus lokal covid-19 pada Maret lalu. Penurunan disebut-sebut terwujud karena Pemerintah Tiongkok menerapkan pembatasan ketat terkait pergerakan warganya.

    Otoritas kesehatan Tiongkok melaporkan total 82.791 kasus covid-19 di seantero negeri. Sementara jumlah kematiannya berada di angka 4,634, jauh lebih rendah dari sejumlah negara lain.

    Katrina Yu, wartawan Al Jazeera di Beijing, menyebut nol kasus covid-19 sebagai sebuah "tonggak sejarah." "Tapi bukan berarti akhir dari perang melawan virus," ungkapnya.

    Sebelumnya pada bulan ini, Wuhan -- kota tempat pertama munculnya covid-19 -- melaporkan kemunculan klaster infeksi perdana sejak kebijakan penguncian wilayah (lockdown) dicabut pada 8 April. Munculnya klaster memicu sebuah kampanye untuk menerapkan tes covid-19 kepada seluruh warga Wuhan.

    Sejak covid-19 pertama kali muncul di Wuhan pada akhir 2019, virus tersebut telah menyebar di lebih dari 210 negara dan wilayah.

    Berdasarkan data Universitas Johns Hopkins pada Sabtu ini, total kasus covid-19 di kancah global telah melewati 5,2 juta dengan 338 ribu lebih kematian dan 2.058.581 pasien sembuh.

    Informasi lengkap tentang perkembangan penanganan pandemi covid-19 bisa langsung diakses di sini (https://www.medcom.id/corona).



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id