Kim Jong-un: Keamanan Korut Terjamin Berkat Senjata Nuklir

    Willy Haryono - 28 Juli 2020 07:38 WIB
    Kim Jong-un: Keamanan Korut Terjamin Berkat Senjata Nuklir
    Kim Jong-un bersama para perwira militer Korut. (Foto: AFP/KCNA/KNS)
    Pyongyang: Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un mengatakan, perang tidak akan lagi terjadi karena senjata nuklir menjamin keamanan dan masa depan Korut terlepas dari tekanan dan ancaman dari dunia luar. Pernyataan disampaikan Kim dalam peringatan 67 tahun berakhirnya Perang Korea pada Senin 27 Juli.

    Kim menyebut, Korut mengembangkan senjata nuklir demi mendapatkan "kekuatan absolut" untuk menghalau terjadinya konflik bersenjata. 

    "Sekarang kita mampu melindungi diri di tengah segala tekanan dan ancaman dari pasukan imperialis dan musuh-musuh lainnya," ujar Kim, dalam keterangan yang dimuat di kantor berita Korean Central News Agency (KCNA), Selasa 28 Juli 2020.

    "Berkat pertahanan nuklir kita yang efektif dan dapat diandalkan, tidak akan ada lagi perang, dan keamanan serta masa depan negara kita terjamin selamanya," lanjut dia.

    Pidato Kim disampaikan di tengah terhentinya dialog denuklirisasi dengan Amerika Serikat. Inti dari dialog tersebut adalah menghentikan program nuklir dan misil Korut untuk ditukar dengan pelonggaran atau pencabutan sanksi ekonomi.

    Presiden AS Donald Trump dan Kim Jong-un pertama kali bertemu pada 2018 di Singapura. Pertemuan kala itu meningkatkan harapan global mengenai potensi berakhirnya ancaman nuklir dari Korut.

    Namun pertemuan kedua mereka pada 2019 di Vietnam berlangsung tanpa hasil konkret. Begitu juga dengan pertemuan ketiga Trump dan Kim yang berlangsung informal di Zona Demiliterisasi di tahun yang sama.

    Saat ini, AS dan Korea Selatan masih berusaha mendorong Korut untuk mau kembali bernegosiasi. Namun Korut menegaskan saat ini tidak ada urgensi untuk melanjutkan dialog semacam itu.

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id