comscore

Taiwan Prediksi Kasus Harian Covid-19 Sentuh 1.000 di Akhir April

Marcheilla Ariesta - 12 April 2022 12:39 WIB
Taiwan Prediksi Kasus Harian Covid-19 Sentuh 1.000 di Akhir April
Menteri Kesehatan Taiwan Chen Shih-chung. (AFP)
Taipei: Otoritas kesehatan Taiwan memperkirakan kasus harian Covid-19 dapat mencapai 1.000 kasus di akhir April. Kendati begitu, Menteri Kesehatan Chen Shih-chung menyerukan warga untuk tidak panik terhadap gelombang terbaru Covid-19 kali ini.

Taiwan menjadi salah satu model global terkait penanganan pandemi Covid-19 sejak 2020. Taiwan bergerak cepat dan efektif saat Covid-19 pertama kali muncul, melakukan berbagai langkah seperti menutup sebagian besar perbatasan dan menerapkan pelacakan kontak yang sangat efisien.
Tetapi sejak awal tahun ini, pulau berpenduduk 23 juta orang itu telah mencatat sekitar 4.000 infeksi domestik, yang sebagiannya didorong kemunculan varian Omicron yang lebih menular. Meski angkanya mencapai kisaran 4 ribu, 99 persen dari mereka yang tertular hanya mengalami gejala ringan atau bahkan tidak sama sekali.

Berbicara di stasiun radio Taiwan, Chen mengatakan kasus harian Covid-19 bisa melebihi 1.000 pada akhir April.

"Saya pikir, melihat tren saat ini, pada akhir April kasus lokal hampir pasti akan mencapai 1.000," katanya.

Daerah berisiko tinggi Covid-19 terkonsentrasi di Taiwan utara, termasuk ibu kota Taipei. Chen menyebut situasi penanganan pandemi lebih terkendali di daerah lain.

Pemerintah telah berbicara mengenai "model Taiwan baru," yakni mencoba menekan jumlah penderita gejala berat Covid-19 sembari mengendalikan kasus yang tidak terlalu parah agar perekoonomian bisa tetap berjalan.

Hal ini pernah dilakukan Taiwan antara Mei dan Juli tahun lalu selama lonjakan kasus sebelumnya.

Sekitar 80 persen warga Taiwan telah divaksinasi lengkap, dan lebih dari setengahnya menerima booster. Mandat memakai masker tetap berlaku di Taiwan.

Hanya dua orang yang meninggal karena Covid-19 di Taiwan tahun ini, yaitu seorang orang lanjut usia dan satu lainnya yang belum divaksinasi. "Tidak perlu panik, sama sekali tidak perlu," kata Chen.

Jumlah infeksi Covid-19 di Taiwan masih relatif rendah jika dibandingkan dengan banyak wilayah lainnya di dunia. Sejak pandemi dimulai lebih dari dua tahun lalu, pulau itu telah mencatat total sekitar 28.000 infeksi dan 854 kematian.

Baca:  Tutup Perbatasan 2 Tahun, Taiwan Didorong untuk Hidup Bersama Covid-19

(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id