comscore

Longsor di India Tewaskan 25 Orang, 38 Masih Dinyatakan Hilang

Willy Haryono - 02 Juli 2022 16:08 WIB
Longsor di India Tewaskan 25 Orang, 38 Masih Dinyatakan Hilang
Alat berat mengeruk material longsor di Manipur, India, 2 Juli 2022. (AFP PHOTO/Indian Army)
New Delhi: Tanah longsor di India bagian timur laut yang terjadi pada Kamis kemarin menewaskan 25 orang hingga Sabtu, 2 Juli 2022. Petugas terus menggali material longsor dalam mencari 38 orang yang masih dinyatakan hilang.

Tim penanggulangan bencana dan pasukan keamanan India berpacu melawan waktu dalam mencari penyintas di lokasi longsor di sebuah kamp konstruksi rel kereta api di negara bagian Manipur.
Sebagian besar korban tewas adalah prajurit cadangan dari Territorial Army yang bekerja di proyek pembangunan jalur kereta api.

Dikutip dari Al Arabiya News, petugas telah berhasil menarik 18 orang dalam kondisi hidup dari balik material longsor. Namun hingga kini 12 prajurit cadangan dan 26 warga sipil masih dinyatakan hilang.

"Situasi di lokasi kejadian masih berbahaya. Hujan deras dan cuaca buruk menghambat upaya pencarian," kata Kepala Menteri Manipur, N Biren Singh.

Wilayah timur laut India telah diguyur hujan deras dalam beberapa pekan terakhir, yang kerap memicu tanah longsor sejak banjir bandang.

Bulan lalu, puluhan orang di area Manipur dan sekitarnya tewas akibat banjir dan longsor yang dipicu hujan deras.

Sebelumnya pada tahun ini, setidaknya 10 orang -- termasuk seorang bocah berusia 4 tahun -- tewas dalam banjir dan longsor di beberapa bagian India.

Sejumlah pakar mengatakan perubahan iklim meningkatkan risiko terjadinya cuaca ekstrem di berbagai belahan dunia. Untuk India, kondisi tersebut diperparah banyaknya pembangunan bendungan, deforestasi dan berbagai proyek lainnya.

Baca:  Total 87 Orang Tewas Akibat Banjir di 2 Negara Bagian India

(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id