Jumlah Kasus Covid-19 Lokal Tinggi, Tiongkok Tingkatkan Tes Massal

    Fajar Nugraha - 04 Agustus 2021 17:06 WIB
    Jumlah Kasus Covid-19 Lokal Tinggi, Tiongkok Tingkatkan Tes Massal
    11 juta warga di Wuhan, Tiongkok jalani tes covid-19. Foto: AFP



    Beijing: Tiongkok pada Rabu 4 Agustus melaporkan jumlah harian tertinggi kasus virus korona lokal dalam beberapa bulan. Angka itu memicu pengujian massal dan kampanye pelacakan kontak mengungkap jejak infeksi varian Delta.

    Otoritas kesehatan melaporkan 71 kasus domestik pada Rabu, ini merupakan yang tertinggi sejak Januari. Negeri Tirai Bambu kini berupaya memerangi wabah terbesarnya dalam beberapa bulan dengan menguji seluruh kota dan mengunci jutaan.

     



    Baca: Covid-19 Kembali Muncul, Wuhan akan Lakukan Tes ke Semua Warga.

    “Hasil resmi dari tes tersebut telah mengungkapkan beban kasus yang rendah meskipun wabah menyebar ke puluhan kota besar,” sebut pihak Otoritas Kesehatan Tiongkok, seperti dikutip dari The Straits Times.

    Beijing sebelumnya membanggakan keberhasilannya dalam menghancurkan covid-19, memungkinkan ekonomi untuk pulih dan kehidupan normal kembali. Sementara sebagian besar dunia berjuang untuk memadamkan pandemi yang telah menewaskan lebih dari empat juta orang di seluruh dunia.

    Tetapi wabah terbaru mengancam rekor itu dengan hampir 500 kasus domestik dilaporkan sejak pertengahan Juli. Khususnya ketika sekelompok pembersih bandara di Nanjing, Provinsi Jiangsu, ditemukan.

    Sementara di Wuhan, tempat virus korona pertama kali muncul pada 2019 melaporkan infeksi lokal pertamanya dalam lebih dari setahun minggu ini. Pada Selasa, pemerintah kota dengan cepat meluncurkan pengujian terhadap 11 juta penduduk.

    Antrean panjang penduduk menunggu di lokasi pengujian luar ruangan di musim panas tampak jelas pada Selasa. Warga tampak mengipasi diri mereka dengan formulir kertas sementara pekerja dengan pakaian hazmat mengambil sampel tenggorokan.

    Sementara itu, Nanjing telah menguji 9,2 juta penduduknya tiga kali setelah menutup pusat kebugaran dan bioskop dan menutup kompleks perumahan.

    Sedangkan tujuan wisata Zhangjiajie di provinsi Hunan tengah, di mana para pelancong yang terinfeksi yang berada di Nanjing menghadiri pertunjukan teater, tiba-tiba mengumumkan pada Selasa bahwa tidak ada yang akan diizinkan keluar kota setelah muncul sebagai hotspot infeksi.


    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id