Hong Kong Implementasikan Aturan Ketat Covid-19

    Willy Haryono - 29 Juli 2020 07:19 WIB
    Hong Kong Implementasikan Aturan Ketat Covid-19
    Pemandangan salah satu sudut kota Hong Kong. (Foto: AFP)
    Hong Kong: Hong Kong mengimplementasikan sejumlah aturan ketat untuk mengendalikan pandemi virus korona (covid-19). Aturan diterapkan karena melonjaknya jumlah kasus baru covid-19 dalam beberapa hari terakhur.

    Mulai hari ini, Rabu 29 Juli 2020, aktivitas makan langsung di restoran-restoran Hong Kong akan dilarang. Masker wajah juga harus dipakai semua orang di Hong Kong tanpa terkecuali saat mereka berada di ruang publik.

    Selain itu, hanya dua orang dari satu rumah yang diizinkan saling bertemu.

    Dikutip dari laman BBC, Hong Kong -- yang dinilai sukses dalam penanganan covid-19 di awal pandemi -- kini mencatat tambahan 100 infeksi baru covid-19 pada setiap harinya.

    Sejumlah pembatasan mulai diperketat lagi di Hong Kong mulai bulan ini. Bar, pusat kebugaran, dan salon kecantikan di seluruh kota semi-otonom itu sudah ditutup.

    Selasa kemarin, Hong Kong mengonfirmasi tambahan 106 kasus covid-19 dan melaporkan kematian ke-23. Satu hari sebelumnya, Hong Kong mencatat 145 kasus.

    "Kami tidak mau berpuas diri. Kami akan selalu mengawasi tren yang ada," kata Dr Chuang Shuk-kwan, kepala penyakit menular di Pusat Perlindungan Kesehatan Hong Kong.

    "Sejauh ini kami belum melihat ada peningkatan signifikan (dalam hal infeksi), namun angka-angkanya tetap mengkhawatirkan," sambungnya.

    Orang terakhir yang meninggal akibat covid-19 di Hong Kong adalah seorang penghuni sebuah panti jompo. Di panti jompo tersebut, sedikitnya tercatat ada 45 infeksi covid-19.

    Sejumlah ilmuwan lokal telah menyuarakan kekhawatiran mereka atas penyebaran virus di Hong Kong. Mereka menyebut covid-19 di Hong Kong tidak bermutasi selama sedikitnya 22 hari, yang artinya virus itu sudah beradaptasi dengan baik di tubuh manusia dan semakin mudah menular.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id